Mengenal Bangsa Indonesia sejak Dini

"Pertempuran 5 hari di Semarang terjadi pada tahun?" ucap guru kelas 6 kami, Pak Mujari, sambil memperhatikan anak didiknya yang dengan sigap mulai mengangkat tangan satu persatu menunggu di beri kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan beliau.

Setiap pagi, sebelum memulai pelajaran, beliau selalu memberikan kami sedikit pemanasan dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan dari semua mata pelajaran. Mulai dari soal hitung-hitungan yang langsung membuat kami sigap mengambil pinsil untuk corat-coret, soal tentang Ilmu Pengetahuan Alam, sampai soal Ilmu Pengetahuan Sosial yang membuat wawasan kami sangat sangat sangat terbuka.

Saya kagum dengan cara didikan beliau,  membuat kami penasaran - dan mau tidak mau membuat kami sering membaca jika ingin bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan beliau. Saya kagum juga dengan intonasi beliau ketika melontarkan pertanyaan - tegas dan mampu membuat semangat kami berkobar-kobar. Saya kagum dengan tatapan beliau yang terlihat sangat antusias setiap melihat anak didiknya mulai mengangkat tangan dan menjawab pertanyaan beliau - apalagi ketika jawabannya betul. Saya kagum juga dengan buku sakti yang selalu dibawa beliau setiap melakukan sedikit pemanasan ini, pastinya buku itulah yang membuat wawasan kami bertambah satu persatu setiap harinya. 

Berikan aku 1000 anak muda maka aku akan memindahkan gunung tapi berikan aku 10 pemuda yg cinta akan tanah air maka aku akan menguncang dunia. (Bung Karno)
Mungkin hal tersebut yang ingin diterapkan guru kami kepada kami, murid-murid yang dicintainya. Cinta tanah air sejak dini - mengguncang dunia. Saya akui, teman-teman saya menjadi pribadi yang luar biasa! Satu persatu mulai terlihat kecintaan terhadap tanah airnya dengan cara yang berbeda-beda. 

Terimakasih Bapak Mujari sudah mengenalkan kami sejarah bangsa Indonesia sejak dini! :')

Share:

0 komentar