(Review) Beberapa Vendor Pernikahan di Bandar Lampung



Persiapan pernikahan saya dan Mas Gilang bisa dibilang lumayan kilat. Semuanya hanya berjarak 4 bulan dari acara lamaran/nembung di akhir Oktober 2016.  Yang pertama kali kami tentukan adalah tanggal pernikahan. Waktu acara lamaran itu pun disepakati bahwa acara akad nikah dan resepsi akan dilaksanakan dalam satu hari, mengingat keluarga Mas Gilang harus datang dari Jawa Tengah. Jadinya sekalian saja acara dikemas dalam satu hari. 

Nah, sekarang lah saatnya hunting vendor. Urusan mencari vendor-pun semuanya dilakukan via sosial media. Pekerjaan saya di BSD dan Mas Gilang di Gresik membuat kami jarang pulang ke Bandar Lampung. Setiap hari selalu mencari vendor-vendor untuk acara di Bandar Lampung, sambil bekerja-pun sambil mencari-cari informasi mengenai vendor-vendor (maapkan Pak Bos di Kantor 😄) Komunikasi dengan Mas Gilang pun hanya via WA ataupun telepon (#pejuangldr). Kalau saya nemu vendor yang menarik, langsung deh laporan ke Mas Gilang..hhihi..Gak jarang selama mencari vendor suka debat, saya pingin A tapi mas Gilang pingin B. Hahaaa. Tapi at the end dapet juga vendornya.

Jadi sekarang saatnya berterimakasih kepada vendor-vendor tersebut (mengingat waktu searching di mbah google saya agak susah nemuin blog yang menulis tentang vendor-vendor di Bandar Lampung). Berikut adalah vendor-vendor yang mendukung terlaksananya acara kami : 

1. Venue - Gedung Pertemuan PTPN VII
Mengingat jarak antara  hunting gedung dan hari H hanya berjarak 4 bulan saja, gedung-gedung di Bandar Lampung yang masih masuk di budget kami sudah pada full booked. Pencarian venue ini saya khusus kan satu weekend buat mencarinya. Untungnya masih ada 1 gedung yang lokasi nya juga dekat dengan rumah. Iyap, venue acara kami di Gedung Pertemuan PTPN VII. Yang kami suka gedung nya terletak di dalam area kompleks PTP. Lahan parkir pun luas dan lebih terkesan private. Ada beberapa mess juga yang bisa dijadikan sebagai tempat tinggal keluarga besan. Sebenernya saya juga sudah familiar dengan kompleks PTP ini, karena saya dulu sekolah TK di kompleks perumahan tersebut dan waktu saya kecil, saya sempet pentas tari di gedung tersebut. Hihihii..kalau kata kakak kedua saya "dulu lo pentas tari di sini,, eh sekarang nikah di sini..." 😂😂..
Photo by @Dokumentasi Pribadi


 Photo by@Dokumentasi Pribadi
Kalau ada yang berminat ke Gedung PTP, silahkan langsung datang ke kantor PTP di Jl. Teuku Umar di hari kerja ya. Kalo weekend cuma ketemu security nya aja. 😊

Sebelumnya kami sudah sempet hunting ke Gedung Ernawan, Gedung Wanita, Gedung Golkar, GSG Pahoman, Masjid Al Furqon dan Gedung PTP ini. Kalau untuk gedung seperti Ernawan rata-rata udah di booked nyaris 1 tahun sebelum hari H, soalnya saya dan mas Gilang pernah iseng ke sana dari pertengahan tahun 2016 dan sudah full booked sampai Maret 2017. Jadi buat yg dadakan seperti kami ya bersemangatlah mencari gedung yang lain. Hehe.

2. Attire - Rumah Busana Occa / Mareta Tailor 
Waktu cari gaun buat resepsi juga sebenernya agak bingung mau jahit di mana. Mama sebenernya udah punya langganan penjahit sendiri dan diajaklah saya ke sana. Waktu ke Mareta Tailor saya ketemu sama Mbak Occa. Begitu menyampaikan konsep baju resepsi yang saya pinginin, Mbak Oca langsung nyambung dan ternyata satu pemikiran dengan saya. Hahaaa. Langsung klop! Akhirnya semua pakaian mulai dari malam perkenalan, akad nikah dan resepsi semua di jahit di Mbak Occa. Seragam mama, mbak ipar dan keluarga juga hampir semua di jahit di Mbak Occa ini.

Buat yang mau liat hasil karya Mbak Occa bisa ke Jalan Adi Sucipto No. 65, Kebon Jeruk (deket sama Bukit Randu) atau langsung cek IG: mulya_rossa Makasih banyak Mbak Occa udah super sabaar ngadepin capeng yang buanyaaakk maunya. Heheee.

3. MUA - Ridwan Salon (Silfi)
Untuk urusan MUA saya lebih banyak nanya ke sepupu-sepupu saya di Bandar Lampung. Maklum yaa, udah saya jarang banget pake makeup, ditambah lagi saya sudah berkelana ke Pulau Jawa sejak SMA. Jadi saya gak ngikutin dunia MUA di Bandar Lampung.
Photo by @Dokumentasi Pribadi - Malam Perkenalan 2 Keluarga
Photo by @Ligart Photography - Make Up untuk Akad Nikah
MUA untuk acara akad nikah dan resepsi adalah Ridwan Salon (Mbak Silfi). Saya pun gak langsung dateng ke salon nya, komunikasi saya dengan mbak silfi hanya via whatsapp. Sampai akhirnya H-14 hari, akhirnya saya mampir ke Ridwan Salon juga. Heheee (capeng jarang pulang kampung ceritanya). Kalau ada yg mau ke sana alamat nya ada di Jalan MH Thamrin No.26 (jalan ke arah SMAN 2 Bandar Lampung). Makasih mbak silfi buat makeup nya. Pada bilang "pangling". 😆😆😆 Untuk MUA keluarga,kami memakai Salon Amira (belakang UBL).

IG : ridwansalon_makeup (cuma di IG mereka jarang upload photo, jadi bisa langsung pm aja buat dapet foto-foto lainnya)

4. Catering - Nugraha Catering
Nah bagian catering ini kami ngikut aja sama pilihan mama. Mama pun memilih Nugraha Catering. Nugraha Catering ini juga udah jadi langganan tante dan teman-teman kantor mama/bapak. Acara nikahan kakak kedua dan sepupu-sepupu saya pun pakai Nugraha Catering ini, Jadi mama juga sudah lumayan kenal dengan yang punya. Alamat Nugraha Catering ini ada di belakang Giant Kedaton. Cari aja di google maps pasti langsung ketemu. Dan pas sekali berdekatan dengan rumah. Hhee.. Pokoknya semua hal yang berhubungan dengan makanan semuanya ke Nugraha Catering. Mulai dari pengajian, akad nikah, resepsi, catering keluarga. Dan makanannya pun enak-enak.
Photo by @Ligart Photography - Khusus VIP
5. Dekorasi - Dekadi Dekorasi
Kalau untuk dekorasi, saya sempet hunting di instagram. Sempet tanya ke masing-masing vendor dekorasi yang saya kepoin dan pilihan kami jatuh kepada dekadi_dekorasi. Dan pas banget yang punya Dekadi dan Nugraha Catering sodaraan. Makasih loh mbak Deka udah sabar ngadepin capeng yang banyak mau.😊😊😊
Photo by@Ligart Photography - Pelaminan
Ohiya, galeri dekadi dan nugraha catering ada di depan Pasar Koga/samping RS.Advent. Tapi kami lebih sering ke rumah nya yang di belakang Giant. 😁

6. Photo - Ligart Photography
Nah ini saya juga kepo maksimal via instagram. Dan memakan waktu yang lumayan lama. Saya sudah searching dari sekitar pertengahan tahun. Hahaa. Cuma ya waktu itu belum tau pasti kapan acara resepsinya. Jadi ya info mengenai vendor photo cuma kami keep dulu. 

Ada beberapa vendor yang udah saya tanya-tanya, cuma pas Mas Gilang liat foto-foto vendor tersebut di IG, Mas Gilang sreg nya sama ligartphotography. Dari profpict IG nya aja kami udah langsung sukaa. Hahaaaa. (Kesan pertama begitu berkesan!) Kami juga suka sama foto-foto hasil jepretan mereka di IG.

Saya pun bertanya-tanya melalui line. Booking pun via line. Hhe. Cuma mama bapak saya pernah singgah ke galeri nya Ligart Photography di daerah Tanjung Seneng. 

Makasih loh mas romi dkk buat foto-fotonya (semua foto-foto di sini sebagian besar hasil karya Ligart Photography).

7. Hiburan-MC-Tilawah
Kebetulan sekali kakak saya nawarin mau pake hiburan gak? Pas di tanya begitu langsung lah saya jawab "Mau lah Mas.." (makasih mas bro) kakak saya pun menawarkan Kampung Nasyid. Pas saya tanya ke Mas Gilang, Mas Gilang pun juga mau. Pas ke tema kami. Dari sekian banyak lagu saya cuma request satu lagu aja, "Ayat-ayat Cinta" 😍😊. Lagu ini beneran sangat berkesan buat kami. Kalau denger lagunya itu rasanya langsung "DEG!!" Hhiiihiii
Photo by @Ligart Photography - Kampung Nasyid
Selain hiburan, MC dan pembacaan ayat suci Al Quran juga satu paket dari Kampung Nasyid. 

8. Undangan - Kartu Pesona
Hunting undangan bener-bener menguras pikiran dan tenaga. Berhari-hari hunting via Mbah Google dan Instagram tetep aja gak ketemu yang pas sama budget kami. Sampai akhirnya saya dan Mas Gilang mampir ke Pasar Tebet yang konon katanya pusatnya cetak undangan. Pencarian pertama kami emang cuma sekedar pingin tau aja, tau harga, model yang lagi in, dll buat perbandingan dengan harga yang kami dapatkan via media sosial. Ada yang sreg tapi rata-rata produksinya jauh di Yogyakarta dan Jawa Timur sana. Alhasil Mas Gilang nyaranin nyari yang deket aja di Jakarta, jadi bisa di pantau.

Kunjungan kami yang kedua ke Pasar Tebet emang udah niat pokoknya harus udah dapet undangan yang dimau-in. Keliling sana keliling sini, akhirnya pilihan kami jatuh di percetakan Kartu Pesona. Harga menurut kami lebih miring dibanding tempat lain dan desainnya pun simple. 😃

9. Souvenir - Lucklig.co
Selain undangan, pencarian souvenir pun memakan waktu yang super lama. Searching sana searching sini tanya sana tanya sini eh ternyata kami naksir sama karya nya lucklig.co. Jadi kami lagi kondangan ke salah satu teman kami dan souvenir mereka karya Luckli.co ini. Langsung deh saya cek tkp ke IG nya mereka. Dan akhirnya kami memutuskan buat bikin souvenir kami di Lucklig.co ini. Lokasi pun relatif dekat yaitu di Depok. Tapi pas kemarin sih langsung dikirim ke Bandar Lampung.
Photo by @Ligart Photography - Mini Pouch 
Sebenernya di Pasar Jatinegara juga banyak yang menjual souvenir. Pilihannya juga beraneka ragam. Cuma di saat bulan November itu saya lagi mager banget buat ke Jatinegara. 😅

10. Hand Bouquet - Hana_NahlaBouquet
Kalau untuk hand bouquet ini disponsori oleh hana_nahlabouquet. Jadi istri dari teman kerja nya Mas Gilang buka usaha ini. Dulu sekali Mas Gilang nunjukin IG nya hana_nahlabouquet ini, pas saya liat saya langsung sukaaaaak soalnya bunganya cantik-cantik. Jadi waktu mau pesen hand bouquet buat acara pernikahan kami yang terpikirkan langsung hana_nahlabouquet. Terimakasih Pak Gafur dan istri. Bunganya cantik 😍 . Monggo yang mau nyari hand bouquet bisa di IG : hana_nahlabouquet .

11. Buku Tamu - Fairysinvitation
Kalau buku tamu ini saya pinginnya bikin yang custom. ada nama kita di buku tamu tersebut. Pas cari sana cari sini ketemu deh. Jadi fairysinvitation , cuma waktu itu kami memilih desain mereka yang sudah ada.


12. Tarian - Sanggar Tari Bunga Mayang
Kalau bagian tarian saya serahin ke sepupu saya. Hahaaaa, jadinya kemarin Sanggar Tari Bunga Mayang.
Photo by @Ligart Photography
13. Kotak Seserahan
Kotak seserahan juga bagian sepupu saya. Saya lupa nama nya cuma yang jelas yang punya usaha sewa Kotak Seserahan namanya Tante Teti dan beralamat di Permata Biru (Belakang IAIN).
Photo by @Dokumentasi Pribadi
14. Organ Tunggal - W n N Music
Kalau untuk Organ Tunggal ini disponsori oleh om saya. Jadi yang nyariin organnya om saya. Hehee. Makasih Papa Jus. Ohiya, saya suka penyanyi nya bajunya tertutup.

Photo by @Dokumentasi Pribadi
Terimakasih semua vendor yang sudah membantu. Semoga rejekinya semakin lancar dan usahanya juga semakin maju. Aamin


Share:

13 komentar