Mengejar Blue Fire di Kawah Ijen

Kawah Ijen
Setelah one day trip to Baluran, saatnya kami bertiga ngebolang lagi menuju Kawah Ijen. Rencananya kami pingin bermalam di Paltuding sambil menunggu dini hari untuk melakukan pendakian ke Kawah Ijen demi demi demiiii si blue fire. Singkat cerita, kami hanya membawa perlengkapan pribadi seperlunya untuk camping ceria di Paltuding.
Terminal di Banyuwangi
Dari banyuwangi kami naik angkutan umum sampai ke Terminal dan dilanjutkan ke Licin atau Jambu (saya lupa yang mana), yang jelas kami bermaksud menumpang truk pengangkut belerang yang akan kembali ke Paltuding. Tapi truk yang kami tunggu-tunggu tak kunjung datang sampai akhirnya ada Ibu-ibu memberikan informasi bahwa truk terakhir sudah berangkat. Alamak! Mendadak kami gatau mesti naik apa buat ke Paltuding, truk pengangkut belerang adalah satu-satunya harapan kami. Lagi bingung naik apaa ke Paltuding, eh ada mobil bak terbuka berhenti dan langsung menawarkan ke kami apa mau ikut ke Paltuding atau tidak. Langsung saja kami jawab iyaaaa dan akhirnya kami menumpang ke Paltuding dengan mobil tersebut. Jadi mobil tersebut sebenarnya habis membawa sayuran dan akan kembali ke atas lagi. Untung deh ada mobil terbuka itu, kalo enggak ya gatau deh mau naik apaan ke Paltuding. Alhamdulillah😅

Hati-hati tanjakan!
 Setibanya di Paltuding kami langsung menuju loket pendaftaran sambil menanyakan mengenai penginapan. Berhubung penginapannya udah penuh, kami diberikan pilihan apakah mau sewa tenda saja untuk penginapan atau bisa duduk-duduk di warung sambil menunggu dini hari. Ya kali nunggu di warung, kami pun memilih tenda. Di sekitar loket pendaftaran sendiri ada area camping ground sendiri. Kami membangun tenda di sana. Sambil menunggu dini hari kami bersantai-santai di dalam tenda. Ohiya, untuk makanan, di sana banyak sekali warung tenda. Karena waktu kedatangan kami bersamaan dengan waktu liburan jadi banyak pedagang di sana. Mungkin akan berbeda ketika bukan waktu liburan.
Camping ground
Makin malam makin banyak pengunjung di Paltuding. Ada yang langsung ke kawah Ijen dan ada yang mendirikan tenda seperti kami juga. Hhehee. Sampai akhirnya ada bule dari Jepang/Cina (saya lupa) yang ikut mendirikan tenda di sebrang tenda kami. Singkat cerita kami pun berkenalan dan bule tersebut sempat menanyakan beberapa lokasi wisata di Indonesia. Kami pun berjanjian kalau akan berangkat bareng ke atas (Kawah Ijen).

Sambil menunggu dini hari datang, saya bolak balik ke kamar mandi buat buang air kecil, yaaa you know lah saya emang terkenal tukang beser 😝apalagi udara dingin kalii, tambah deh pingin beser, hahaa dan sering kali bikin saya bolak balik ke kamar kecil. Sayangnya, hobi saya satu itu bikin saya agak bokek karena setiap kali saya ke toilet saya mesti bayar sekian ribu rupiah. Sib nasib!!!

Akhirnya waktu yang saya nanti-nantikan datang jugaaa. Sekitar jam 02.30 WIB dinihari kami semua segera naik ke atas. Saya gak menduga trek nya lumayan bikin ngos-ngosan. Tapi yang saya seneng adalah malam itu bintangnya buanyyyaaaakkk banget!!! Langit malam itu ciamiiikk banget plus bulan sabit yang nambah romantis malam. Kalo pas lagi capek saya pandangin aja langit pasti langsung semangat lagi! Hahaaa.

Makin ke atas, bau belerang makin menyengat. Bahkan ada beberapa spot yang bener-bener bikin mual. Jadi kalo ada yang mau ke atas mesti bawa masker! Waktu saya udah sampe di atas, teh Putu dan teh Khalida udah gak mau nerusin hunting blue fire,akhirnya saya bersama bule dan beberapa tim rombongan nerusin turun ke bawah buat liat sang legenda blue fire. Untungnya saya masih sempet mengabadikan blue fire tersebut dan menyaksikan api biruuuu (bukan kompor ya!) langsung. Aaakk. cantik banget. Pas matahari udah terbit, api biru nya ilang deh,, yang ada api merah sekarang. Karena mulai enek dengan bau belerang saya mulai menjauh mencari tempat yang bau belerangnya gak terlalu menyengat.

Blue Fire Kawah Ijen
Kalau udah pagi di bawah suka ada pengrajin yang bikin hiasan dengan belerang ini. Bagus-bagus deh hasilnya! Ohiya kalau papasan dengan penambang belerang, silahkan diberi jalan dulu Bapaknya. Bawaan bapaknya udah berat kan kasian kalo mesti nungguin kita lewat. Saya salut dengan bapak penambang belerang ini. Bawaan yang dipikul aja udah berat plus bau belerang yang suka bikin sesek, tapi mereka sanggup mikul bawa turun ke Paltuding.
Salah satu hasil kerajinan dari belerang

Setelah puas menikmati alam Ijen,saya pun segera naik ke atas dan turun ke Paltuding lagi sebelum melanjutkan perjalanan pulang ke Bandung. Terimakasih Ijen 😊