Dewi Wara Sembadra

Ada yang tau arti dari judul postingan saya kali ini..?
Kalo orang jawa asli pasti pernah denger sedikit paling nggak.
Kalo ada yang nebak itu salah satu lakon wayang, anda BENAR 100%.

jadi Dewi Wara Sembadra itu putri dari Prabu Basudewa Raja Mandura. Dewi Wara Sembadra ini punya banyak nama. Sebut aja Rara Ireng. Sembadra punya 2 orang kakak Prabu Baladewa dan Prabu Kresna.

well..
saya nge-post postingan ini intinya sih karena 3 bersaudara di atas sama dengan saya dan kakak-kakak saya.
Jadi waktu saya lahir, saya diumpamain jadi Sembadra. kakak pertama saya jadi Basudewa dan kakak kedua saya jadi Kresna. Julukan-julukan ini diberi oleh kakek dari pihak ayah saya.


Waktu saya kecil sih, saya seneng2 aja dipanggil Sembadra sama kakek saya.  Soalnya kakek saya ingetnya baladewa-kresna-sembadra. Pasti kalo saya sungkem, beliau bilang "ini pasti sembadra..". 

Waaww...Saya takjub mengingat umur beliau dulu yang udah tua dan cucu-cucunya yang banyak banget *ayah saya 12 bersaudara* tapi masih inget sama saya si Sembadra  ini.  Sayangnya kakek saya udah meninggal dunia. :(

dulu saya cuma tau Sembadra-sebatas nama aja-salah satu tokoh wayang aja. Makin kesini saya jadi penasaran sama Sembadra ini, browsing-browsing di internet dan...


" Tersebut di dalam cerita, bahwa Rara Ireng tak begitu cantik, tetapi kalau berkumpul dengan putri-putri yang tersohor cantiknya, Rara Ireng melebihi kecantikan mereka semua itu.
Rara Ireng sangat sabar. Kalau marah pun ia menampakkan senyum yang manis. Sesudah bersuami, ia hidup rukun dan damai dengan suaminya, sehingga kehidupan mereka diibaratkan sebagai ikan mimi dan mintuna, yakni ikan laut jantan dan betina yang tak pernah berpisah....."

semoga saya bisa sesabar Sembadra.

*(untuk foto + kisah sembadra di klik disini )

Share:

2 komentar