Kiluan Bay, a Beautiful Hidden Beach

Teluk Kiluan Teluk Kiluan. Ehhm. Teluk Kiluan yang berlokasi di Lampung ini udah jadi salah satu tempat yang  mesti saya kunjungi. Konon katanya bagus banget dan saya mesti ngebuktiin si 'konon katanya' ini. Gak afdhol kalo belum ke sana. :) Dan kemaren teman saya ada yang mau ke sana. Langsung saya join dengan mereka. Kebetulan kolokium udah selesai dan saya sedang di lampung juga. Hajarrrrr kiluan! :)

Rencana awal ada beberapa orang yang bakal ikut ke kiluan tapi pada hari H lagi-lagi cuma bertiga aja yang jadi berangkat. Personil kiluan bay kali ini ada saya, gibran, dan herman. Gibran udah saya kenal dari jaman SD sedangkan Herman baru saya kenal pas mau berangkat ke Teluk Kiluan.

4 Februari 2012
Berangkat dari rumah Gibran sekitar pukul 14.00 WIb kami langsung menuju ke Kelumbayan, Tanggamus. Kami lewat pantai mutun, pantai klara terus lurus lagi sampe ketemu itu Teluk Kiluan. Sampai Pangkalan TNI AL jalanan masih bagus tapi begitu ke sana lagi jalanan udah mulai mengguncang perut. Ditambah lagi jalanan berliku-liku. Tambah mengguncang isi perut aja. Sekitar 3 jam akhirnya kami sampai juga di Gerbang Teluk Kiluan. waktu itu saya udah dalam keadaan tidur dan begitu saya membuka mata, taraaaaaaaaa, udah sampe aja di gerbangnya. Langsung turun dari mobil terus lanjut poto-poto di depann gerbang . :)

Di depan Gerbang
Perjalanan udah selesai? eittsss.. Belum. Masih ada sekitar 10 menit untuk sampai di rumah warga dan kami mesti nyebrang dulu untuk sampai di penginapan kami nantinya. Dari gerbang teluk kiluan ini jalan langsung menurun, lumayan curam, jadi mesti berhati-hati. Dilanjutkan kami mesti melalui 2 buah sungai, 1 kering dan 1 nya masih ada airnya. Lumayan treknya cui! Sekitar 10 menit-an sampai juga kami di rumah warga. Langsung di bawa ke belakang rumah yang langsung berhadapan sama laut. View nya cantik. Apalagi matahari udah mau tenggelam. Cantik banget!

Well, kami masih harus menunggu jukung (kapal tradisional) untuk menyebrang ke penginapan kami. Berhubung kapalnya cuma muat 3 orang, akhirnya Herman bersama Mas Firman (guide) berangkat duluan ke Kiluan. Buat bolak-balik dibutuhin waktu sekitar 20 menit-an. Waktu udah menunjukkan pukul 17. 45 WIB. aaahh. Saya ketinggalan moment sunset :( Begitu tiba giliran saya + Gibran buat nyebrang, langsung kami capcus ke jukung tadi dan berangkat ke Kiluan.

Ternyata eh ternyata, di balik teluk sana pantainya cantik! Bener-bener beautiful hidden beach banget! Subhanallah, dari pantai-pantai yang pernah saya kunjungi, bisa dibilang Teluk Kiluan pantai terindah ke 3 lah setelah Gili Trawangan + Tanjung Ann. Gak kalah lah yang jelas.:) Ini pantai serasa private beach deh! Beneran! Tamu di teluk mungkin sekitar 15 orang-an bareng kami bertiga, tapi kelompok lain ada di balik sisi kami, jadi waktu itu pantai bener-bener serasa punya kami bertiga.

Di kejauhan tampak semburat-semburat jingga sisa sunset, SUBHANALLAH, JINGGAnya.... CANTIK banget! Jingga tercantik yang pernah saya liat, makin malem jingga makin pekat dan jingga nya bener-bener ilang pukul 19.00 WIB. GAk nyesel saya udah jauh-jauh dateng ke sana terus ditampilin view seperti itu. Waaawwwww banget!!! Di kejauhan juga tampak awan tebal yang membawa hujan lokal. Keliatan deh di beberapa sisi di bawah awan itu hujan lagi turun. Lagi-lagi saya takjub! Ciptaan Allah SWT bener-bener indah!

Begitu selesai menikmati indahnya alam, langsung kami masuk ke penginapan kami yang berada 20 meter dari bibir pantai. Begitu beres-beres sebentar kami langsung masak buat makan malem (dimasakin Mas Firman + Didin sih, hhe). Ohiya, di sini kita gak bakal dapet sinyal hape, jadi jangan harap deh bisa sms-an. Kembali ke kesederhanaan dulu buat 2 hari kedepan. :) Untuk masak pun kami masih memakai cara tradisional - dengan kayu, listrik pun masih menggunakan genset. Pokoknya, kalo kita ke Kiluan, kita bener-bener bisa lepas dari hirukpikuk kota - buat mencari ketenangan PAS pisan lah! :)

Lanjut lagi, setelah makanan jadi, kami berlima duduk di ruang tengah terus makan malem dengan enaknya.Malam mingguan di teluk kiluan emang paling yahud dah. Gak terasa udah jam sembilan malem aja, akhirnya kamipun tidur ditemani suara deburan ombak. :)

Jukung
5 februari 2012
Gak sabar buat hari ini. Pagi-pagi udah bangun dan begitu cuaca udah mulai terang langsung terjun ke bibir pantai. Duduk di kursi kayu sambil menikmati pemandangan laut ditambah sedikit merenung tentang kehidupan saya belakangan ini. Hmmm...cahaya matahari sudah tampak di kejauhan - langitpun berubah warna menjadi biru muda. Saya suka view dari sini. Sambil menunggu jukung dateng untuk hunting (photo) dolphin, saya pun mengabadikan beberapa moment ke dalam foto. Sekitar jam 6 pagi jukung dateng bersama nahkoda yang siap membawa kami ke tengah samudera hindia untuk hunting dolphin! OK! Kami siap berlayar!

Serasa private island :)

Kami ke sisi selatan dari pulau, lagi-lagi pemandangannya menawan! cantik! Begitu masuk laut lepas, gelombang mulai agak liar. Walaupun kalo kata Bapak Nahkoda laut masih tenang - tapi teteh weh itu gelombang bikin perut saya terguncang. Sekitar 1 jam berada di laut lepas, akhirnya si lumba-lumba menampakkan wajahnya. Lumba-lumba nya lucu pisan san san. Imut! Lumba-lumba botol yang kami temui kemaren. Gak jarang si lumba-lumba beratraksi lompat sana lompat sini di hadapan kami. Aaaa. Gak nyesel saya ke sini. Selain lumba-lumba, kemaren kami dapet bonus paus kilot. Alhamdulillah banget kemaren pagi :) Untuk ketemu lumba-lumba ini sebenernya 'bejo-bejoan', kalo si lumba mau muncul ke permukaan ya muncul dan kita bisa ngeliat atraksi mereka, tapi kalo enggak ya say goodbye aja buat si lumba.

Lumba-lumba
Hhee.. 1.5 jam di laut lepas cukup membuat saya sedikit mabok laut. Akhirnya kamipun kembali ke daratan, tpi sebelumnya mampir di batu candi. Batucandi ini batu yang tersingkap d premukaan dengan bentuk seperti candi. Sebelum mencapai batucandi ini kami juga sempet ngambil poto beberapa pulau yang kami lewatin. Yang jelas gak kalah cantik sama kiluan. :) Buat anak geologi, pulau-pulau tadi sebenernya bisa dijadiin lokasi buat belajar juga, mengingat banyak banget singkapan yang tersingkap.

Begitu kembali ke daratan, kami pun langsung disajikan kelapa muda fresh baru di ambil dari pohon. Seger bener cah! Anak-anak cowok langsung pada nyemplung ke laut + snorkling. Sedangkan saya? berjalan sepanjang pantai sambil berfoto-foto ria. Terlalu sayang kalo dilewatkan.

Sekitar jam 10 kami pun kembali menyebrang ke daratan (yang ada rumah warga), di sana kita langsung siap2 buat menuju Pegadung. Berhubung jalanan menuju Pegadung buruk ruk ruk dan harus melewati sungai 2 kali akhirnya kami putuskan untuk menyewa ojek.

salah satu sungai yg mesti dilalui
turun dulu dari ojek
OK! Itu perjalanan bener-bener mengocok perut! Ditambah cuaca yang lagi panas-panasnya (jam 11an). Perjalanan sekitar 1 jam dan akhirnya sampai juga kami di Pegadung. Subhanallah (lagi), batu-batunya bener menggugah hati buat di teliti. Tapi berhubung saya lagi holiday, kapan-kapan aja deh nelitinya. hheee. Puas foto-foto, langsung balik ke Teluk Kiluan lagi. Demi apapun, saya bener-bener kehausan di perjalanan pulang ini. Mana perut baru diisi roti 2 tangkup aja menambah derita perut ini. :( Tahan yah...tahan... (ucap saya dalam hati).

Motor yang saya tumpangi juga mengalami bocor ban. Waduh! Pas lagi tanjakan, anak-anak di depan, untung di belakang saya ada mobil. Alhasil saya nebeng mobil itu sampe ketemu tempat tambal ban. Itu mobil edan pisan! Jalanan jelek ataupun buruk dihajar! Dan akhirnya ketemu juga sama tukang tambal ban. Setelah nambal ban, kami pun  melanjutkan perjalanan ke teluk kiluan. Anak-anak udah nyampe sana. Dan sekitar pukul 15.45 WIB kami kembali ke kota Bandar Lampung.

Terimakasih Teluk Kiluan dan Pegadung buat 2 harinya yang RUUAAARRR BIASA!!!
Thanks Gibran + Herman + Mas Firman (sang guide).

untuk biaya masih tentatif, tapi kisarannya sekitar :
1. Transport pp Kiluan - Bandar Lampung (travel) : 100 ribu pp (kalo bawa kendaraan pribadi lebih hemat)
2. Sewa perahu (jukung) hunting lumba2 (2-3 jam) : 250 ribu/3 orang
3. Penginapan (cukup hingga 20 orang) : 350 ribu/malem
4. Makan : 15 ribu @ makan (mau masak sendiri juga boleh)
5. Jasa Guide : (tentatif)
6. Ojek Kiluan - Pegadung : Tentatif (tawar langsung d tkp)

nb : kalo orangnya banyak bisa menekan biaya penginapan + transport