Akhir Tahun di Gunung Gede

Deminya. Saya masih belum punya rencana taun baruan mau kemana. Pingin banget ke gunung, tapi anak-anak lagi pada males ke gunung. Saya yang masih berharap masih ada segelintir orang yang mau naik gunung pas taun baruan langsung bilang ALHAMDULILLAH waktu ada temen saya yang mau ke Gunung Gede tanggal 29-30 Desember. Yaaa.. Walaupun gak pas taun baruannya, setidaknya hasrat saya buat naik gunung di akhir tahun tercapai sudah. Kalo taun 2010 saya tutup di Gunung Lawu, tahun 2012 ini saya tutup di Gunung Gede. Yihaaaaaaa!!! :)

Diawali percakapan anak-anak waktu rapat AAPG, saya jadi tau kalo Gugy dkk mau naik gunung Gede di akhir tahun. Tepat detik itu juga, saya langsung sms gugy buat join mereka ke gunung Gede. Hati langsung senang mengingat akhir tahun saya bakal di habiskan di puncak gunung. :) . Akhirnya didapatlah 5 orang nama yaitu Gugy, Kiddy, Yanwar, Irman dan saya yang fix bakal ke gunung. Anak-anak geologi semua dan kesemuanya 2009.

*hari keberangkatan , 28 Desember 2011*
Diawali dengan kumpul di sekre anak-anak pukul 12.00 WIB dan kami baru berangkat sekitar pukul 15.00 WIB. Naik angkot dulu sampe tol cileunyi terus nunggu bus disana dan kami naik bus ekonomi jurusan bogor via puncak. Kira-kira perlu 3 jam buat sampe di Cibodas. Ohiya, kami harus ke kantor TNGP dulu buat ngurus simaksi, sebelum memulai pendakian kami via jalur putri. Tepat pukul 18.00 WIB kami sampe di Cibodas, udara tiriiisss rek. Langsung saya tarik risliting jaket saya buat menghangatkan diri. Udara dingin membuat perut kami keroncongan, akhirnya kami putuskan untuk makan malam dulu. Di warung. Setelah mengisi perut kami, kami lanjutkan perjalanan dengan naik angkot yang menuju kantor TNGP. Sebelumnya kami udah janjian dengan kru MONTANA untuk menginap di sekre mereka. Yang saya suka dari setiap perjalanan saya adalah di dalam perjalanan saya, saya selalu bertemu rekan-rekan baru. Rekan-rekan yang menginspirasi saya untuk terus berpetualang. :) *balik lagi ke sekre. Kami disambut hangat para MONTANA`ers. Ngobrol malam-malam ditemani secangkir kopi dan gorengan menambah keakraban kami. Sampai kami harus beristirahat demi pendakian kami keesokan harinya. Well. malam itu ditutup dengan hembusan angin dari gunung gede yang cukup membuat kami merinding dibuatnya (dingin cuy!)

*29 Desember 2011*
Selepas solat subuh, kami langsung packing ulang. Tepat pukul 07.45 WIB kami berangkat menuju kantor TNGP. Setelah mengurus simaksi, kami langsung melanjutkan perjalanan ke Gunung Putri (kami memulai pendakian via jalur putri). Kembali naik angkot warna kuning untuk sampai ke gunung putri dan kami harus merogoh kocek sekitar 15 ribu (waktu itu) dan kami langsung diantarkan ke gunung putri langsung tanpa harus berpindah angkot lagi. Jalanan yang semula turun (dari cibodas) dan masuk ke daerah Cipanas sebelum akhirnya menanjak lagi sampai kami tiba di gng.putri. Pemandangan lumayan menghibur hati yang waktu itu sedikit galau. :'( Setibanya disana, kami langsung tancap ke pos pendaftaran, langsung menyerahkan berkas-berkas yang dibutuhkan dan kami memulai perjalanan. Gede, wait us! :)

• pos pendaftaran via putri - legok reunca (1900 mdpl)
awal perjalanan kami disuguhkan view kebun warga, siang itu cuaca lumayan panas. Baru jalan sedikit, udah ngos2an aja. Ah, seperti pendakian saya yang lainnya, saya masih 'kurang panas' di awal perjalanan. Mau gak mau saya ada di 2 paling belakang sementara yang lainnya di depan saya. Satu lagi, saya sedikit kurang suka jalur dengan kanan-kiri kebun warga ini. Gak tau kenapa kalo jalur masih d perkebunan gini kerasa banget capeknya. Sekitar 20 menitan jalan, akhirnya say goodbye juga sama si kebun-kebun tadi. Trek udah mulai menangga dengan kanan-kiri pohon yang tinggi menjulang. Makin ke atas, vegetasi lumayan membuat kami gak kepanasan dan taraaaaa. Sampai juga kami di pos 1 - Legok Reunca. :) Tepat sebelum tulisan Legok Reunca ini kita bakal disambut dengan gerbang bertuliskan TNGP yang udah lumutan. Ohiya, ciri khas di pos ini terdapat bangunan yang hanya tinggal lantai - kamar mandinya saja. Yang lain udah hancur.
  • legok reunca 1900 mdpl - buntut lutung 2250 mdpl

Trek udah mulai nanjak nanjak dan nanjak. Seperti biasa, setiap 30-40 langkah saya istirahat sekitar 10 detik sebelum memulai langkah saya selanjutnya. Sedikit membantu nafas + kaki saya. Di jalan kami mulai bertemu dengan beberapa pendaki lain, ada yang berasal dari Jakarta, Bekasi, dan Tangerang. :)

• buntut lutung - simpang maleber 2600 mdpl

Trek makin bikin ngos2an, akar-akar yang dijadikan tambatan untuk jalan jadi hal yang biasa di jalur ini. Begitu sampe di Simpang Maleber langsung saya turunin carier yang ada di pundak saya. Aaa..Lega pisan. Ohiya, di simpang maleber ini kalo mau nge-camp, area nya cukup untuk 3-4 tenda. Kalo yang turun via jalur ini hati-hati kesasar mengingat ada 2 persimpangan yang bisa membingungkan pendaki. Yang jelas, simpang yang udah ditutup saya kayu+kawat bukan jalur yang bener. Vegetasi disini udah mulai lumut-an :)

Di tengah perjalanan

• simpang maleber 2600 mdpl - alun-alun timur 2800 mdpl

Kalo trek dari 2 pos ini udah lumayan landai. Ketemu tanjakan terus landai lagi nanjak lagi dan landai lagi sampai akhirnya kita bakal sampe di alun-alun timur. Aaaaa. Indah banget Surya Kencana. Luasnya belasan hektar, mau jungkir balik disini sampe kayang pun bisa dilakuin berulang kali. Mau maen bola dari timur alun-alun sampe barat alun-alun juga bisa asal pada kuat. Yang jelas Surya Kencana ini bener-bener luas.

Persimpangan yang ditutup kayu
  • alun2 timur - alun2 barat
Kami yang tadinya berencana ngecamp di alun-alun timur mengurungkan niat kami mengingat sumber air di alun2 timur waktu itu sedang kering. Yasudah, kami lanjutkan perjalanan kami ke alun-alun barat. Perjalanan kami waktu itu ditemani angin yang wasweswosss menerpa tubuh kami ditambah rintik-rintik hujan yang menembus raincoat kami. Sampe-sampe sedikit ber-es alis dan rambutkami. Sekitar 30 menit-an jalan, sampe juga di alun-alun barat. Langsung nyari tempat buat ngediriin tenda. View dari tenda kami lumayan cantik, di depan kami berdiri dengan kokoh gunung gemuruh dan di belakang kami berdiri dengan anggunnya gunung gede. Suatu perpaduan yag cantik. :)

Luasnya Surya Kencana
setelah menghabiskan makan malam kami, kami pun masuk ke dalam sleeping bag masing2 dan saatnya sesi curcol. hhi. Kami para single-ers (kecuali kiddy yang sudah tidur) memulai sesi curcol. Sumpah, curcol mereka bener-bener bikin saya senyum2 sendiri. hhi. Ternyata eh ternyata.. :p .. hihihi.. Udah gak ada yang curcol lagi kami bener2 terhanyut ke dalam sleeping bag masing-masing.

*30 desember 2011*
Saatnya summit attack. Begitu selesai nyiapin barang-barang yang mau dibawa ke puncak, kami start jam 05.15 berangkat! Udara masih dingin. Dan trek nanjak terus sampai puncak. Lumayan ngos2an di bawah tapi begitu sampe tengah-atas napas udah mulai teratur. Sekitar 30 menit kami sampai juga di puncak Gede. Alhamdulillah puncak ke delapan saya. :) Kabut di puncak gede emang susah di prediksi, kita mesti standby-in kamera kalo mau ngambil poto dengan background gunung pangrango, soalnya kabut nya datang tak dijemput pulang tak diantar. Alhamdulillah, masih sempet ngeliat view dari puncak gede tanpa kabut. Cantik! Sekitar 1 jam-an kami di puncak, kami pun turun ke surken lagi. Puas banget di puncak Gede, sempet sedikit mengeluarkan isi hati di puncak sana dan saya LEGA. Bener-bener lega! :)

Begitu sampe camp kami langsung siap-siap buat turun. kali ini kami mesti naik ke puncak gede lagi dengan carier kami dan turun via cibodas. Untuk sampe ke puncak gede dengan carier dibutuhin waktu sekitar 30 menit juga (gak ada bedanya bawa-gak bawa carier!). Waktu sampe puncak, yang ada cuma kabut kabut dan kabut. Untung aja kami udah ke puncak dulu paginya, jadi setidaknya msih dapet view dari puncak. Tepat pukul 12.00 WIB kami melanjutkan perjalanan ke Kandang Badak. Trek udah menurun terus sampe bawah. Ada satu titik dimana sering disebut tanjakan setan. Itu turunan  bener-bener edan. Nyaris 90 derajat! Untungnya sama petugas TNGP udah dipasang tambang di kanan-kiri tanjakan. Tapi ya tetep weh, ngeri gilak. Apalagi yang bawa carier segede rumah. Ckckckck.. Begitu lewat dari turunan ini, kita langsung masuk ke hutan yang lumayan gelep. Cahaya matahari sedikit yang masuk. Agak horor juga sih hawanya, tapi alhamdulillah sampe juga di kandang badak. Sambil nunggu anak2 yang lain santai sejenak di kandang badak. FYI : Kandang badak jadi basecamp terakhir sebelum summit attack ke puncak gede/pangrango buat pendaki via jalur cibodas. Berada di antara gunung gede dan gunung pangrango, kalo mau ngecamp d puncak gede juga bisa, bebas itu mah.

Setibanya anak-anak yang lain, kami langsung melanjutkan perjalanan, jalanan meliuk-liuk muterin bukit-bukit. Trek lumayan panjang dibanding jalur putri. Saya aja sedikit bosan dengan trek yang ada. Bisa dibilang kalo di gunung lawu, cibodas itu sama dengan jalur cemoro kandangnya gunung lawu dan gunung putri itu cemoro sewunya gunung lawu. Sebelas duabelas lah. :) Dan akhirnya setelah perjalanan yang lumayan panjang dan lama , sampai juga kami d pos pendakian Cibodas. Lega. Ohiya, kalo via cibodas ini kita bisa nemuin beberapa spot yang cocok buat wisata, seperti air terjun, pemandian air panas, telaga warna, dll. :)

Langsung menuju sekre Montana lagi dan malamnya kamipun pulang ke Jatinangor. Nice trip guys! :)
Thanks Gugy Maulana, Kiddy Nahli, Yanwar Yusup, dan Irman Ginanjar!