MIMPI itu GRATIS

Yang terlintas pertama kali waktu dititahkan mengikuti TOT Orientasi Masa Depan sebagai perwakilan fakultas adalah Seminar 2 HARI PENUH duduk manis di belakang sementara pembicara nyerocos panjang lebar di depan. Ternyata 100% beda dari ekpektasi saya. Dua hari yang tadinya saya pikir bakal membosankan bener-bener SERU! Lebih-lebih kami merupakan angkatan pertama dari pelatihan ini. :)

Selama 2 hari kami, 45 orang dari perwakilan 15 Fakultas di Unpad mengikuti pelatihan ini. Materi yang diberikan benar-benar tersirat. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok dan selama dua hari tersebut kami berdiskusi bersama melalui permainan-permainan untuk menyampaikan tujuan dari pelatihan tersebut. Inti dari pelatihan ini adalah apa yang harus kita lakukan untuk merancang masa depan yang cerah. 

"mimpi itu GRATIS!" ucap salah satu peserta pelatihan. Yap. Memang benar, selama mimpi itu gratis Bermimpilah setinggi mungkin. Bukan hasil akhir yang dituju melainkan proses mewujudkan mimpi tersebut. 

Untuk mewujudkan suatu mimpi, setidaknya ada beberapa hal yang harus kita lakukan (hasil rangkuman pelatihan kemarin) :

Tujuan yang jelas. Mimpi kita harus jelas. Terarah. Boleh saja kita bermimpi setinggi mungkin, tapi tentu saja harus diseimbangkan dengan kemampuan diri kita juga. Kita rancang sedemikian rupa step by step , sehingga mimpi kita dapat terwujud. Dalam pelaksanaannya tidak bisa dihindari mungkin akan terjadi perubahan. fleksibilitas. Selama tidak terlalu sering berubah maka hal tersebut sah-sah saja. Asal jangan jadi orang yang tidak konsisten/plin plan. 

Untuk mewujudkan mimpi kita tersebut tentunya kita membutuhkan bantuan orang lain. Komunikasi menjadi hal yang sangat penting. Komunikasi yang terjadi antara kita dan orang sekitar haruslah efisien dan komunikatif. Tentunya harus 2 arah agar apa yang ingin kita sampaikan dapat tersampaikan dengan baik. 

Bisa saja mimpi kita makin mudah terealisasikan jika kita bekerja sama dengan orang lain. Rasa percaya merupakan hal utama dalam suatu kerjasama. Ketika muncul suatu konflik kita bisa bernegosiasi untuk menyelesaikannya.

Malam harinya kami kedatangan tamu Abah Iwan. Beliau sangat terkenal di kalangan Unpad. Banyak buah karya Abah yang terkenal dimana-mana, sebut saja Hymne Unpad. Selain itu Abah juga seorang penggiat alam, Abah juga termasuk angkatan awal di WANADRI. Masih terngiang-ngiang di telinga ketika Abah berpesan  :

Because it`s there. You have to "der" now!


Karena mimpi itu disana. Kamu harus bergegas dari Sekarang kalau tidak ingin terlambat! Bisa dikatakan untuk menggapai mimpi diperlukan segala persiapan dari sekarang. Kalau bukan sekarang kapan lagi? (harus menghilangkan rasa malas dan menunda-nunda pekerjaan yang sering muncul ini!). Terakhir, serahkan pada Allah SWT. :')

Diakhir acara kami diharuskan membuat Action Plan satu bulan ke depan. Dan setelahnya kami diskusikan dengan dosen dari fakultas masing-masing. Alhamdulillah bapak dosen dari fakultas kami mendukung action plan yang kami buat.  Apa yang saya buat? Target saya adalah meningkatkan management waktu saya untuk skripsi. Gak ada istilah malas lagi. Gak ada istilah menunda-nunda pekerjaan. Pokoknya harus dilakukan NOW! Semoga action plan satu bulan ini tercapai ya?! :')

Ganbatte kudasai!


Share:

0 komentar