One Day Trip to Taman Nasional Baluran (African Van Java)

Cerita ini lanjutan dari postingan saya sebelumnya (baca disini) mengenai perjalanan saya Desember 2013 lalu. Setelah kami menempuh nyaris 24 jam perjalanan darat dari Bandung - Banyuwangi, akhirnya kami sampai juga di rumah tante saya, di Ketapang, tepat sekali di belakang Selat Bali dan sangat dekat dengan Pelabuhan Ketapang. Setibanya di sana waktu sudah menunjukkan sore hari. Kami langsung bersih-bersih dan malam itu perut kami alhamdulillah kenyang dengan makanan yang disajikan oleh sepupu saya. Makasih Dek Tanti 😃

Taman Nasional Baluran
Keesokan harinya kami bangun pagi-pagi sekali. Setelah selesai sarapan, kami langsung bersiap-siap ke Taman Nasional Baluran. Waktu itu kami naik angkutan umum untuk sampai ke Baluran. Perjalanan waktu itu memakan waktu sekitar 30-45 menit. Setibanya di Baluran kami langsung mengurus tiket masuk ke Baluran. Lokasi taman nasional nya sendiri sebenarnya masih jauh dari gerbang Baluran. Kalau bawa kendaraan pribadi enak sih, tinggal masuk aja tapi kalau gak ada kendaraan pribadi kita masih bisa sewa ojek untuk masuk ke dalam.

Perjalanan ke dalam pun cukup lama tapi sepanjang jalan kita disuguhkan view hutan,tanaman-tanaman bahkan kami menemukan segerombolan kupu-kupu di jalan. Kata Bapak Ojek kupu-kupu nya bisa lebih banyak kalau lebih pagi. Biasanya kupu-kupu akan bergerombol di jalan yang ada kubangan air nya dan bakal langsung whuuussss terbang kalau ada kendaraan yang lewat. Pingin mendokumentasikan pas kupu-kupunya terbang apadaya kamera nya tidak mendukung, hiksss.
Itu sebenernya ada kupu-kupu nya
Pohon xx

Begitu kita menemukan savana, mampirlah ke savana tersebut. Savana tersebut terkenal dengan nama Savana Bekol. Di sekitar savana itu pun terdapat penginapan yang disewakan. Sebenernya pingin tinggal di situ cuma waktu itu udah full. Huhuhuu.. Selain itu ada juga menara pandang untuk melihat pemandangan dan siapa tau bisa liat satwa liar di sana. Ohiya, jangan lupa untuk take a photo soalnya di savana ini view Gunung Baluran bisa terlihat jelas. Taman Nasional Baluran ini juga terkenal sebagai African van java. Iya juga sih, kalo lagi kering banget savana nya bakal warna kecoklatan dan mungkin ini yang bikin sensasi Afrika nya makin jadi.

Bekol
Gunung Baluran
View dari menara pandang
Dari Savana Bekol saatnya menuju Pantai Bama yang berada di timur daerah taman nasional. Di sana banyak hutan mangrove nya, jadi kami juga sempatkan buat main-main ke hutan mangrovenya. Akar mangrovenya gede-gede brooo!!! 😤 Sepanjang perjalanan menuju Bama, kita bakal nemuin banyak pohon XX (saya lupa namanya) seperti gambar di bawah ini, kayaknya sih masih serumpun dengan kelapa (mungkin). Kalau lagi beruntung, kita bisa nemuin kerbau ataupun banteng di habitat aslinya. Beruntungnya saya masih ketemu banteng pas di sana. Tapi itu juga dari kejauhan dan di foto pun mesti di zoom sampe mentok baru keliatan. 😌
XX
Ketemu Banteng (poto zoom berkali-kali)
Kalau mau beristirahat, di Bama ada penginapan, mushola dan kantin yang jadi tempat kami santap siang.Tapi sayangnya disana kali monyet yang berkeliaran bebas dan gak jarang mereka usil. Jadi mesti waspada ya kawan kawan. Kami lebih banyak menghabiskan waktu di sini soalnya adem banyak pohon-pohon. Hahaaa. Tapi begitu udah sore, kami langsung tancap pulang sambil mampir di Savana Bekol lagi. Heheee. Terimakasih Baluran!!!!!
Bama Beach

Mangorve

Mission completed : Baluran.

Sambil nunggu bus langitnya bagus!