Pasir Timbul, Pantai Sari Ringgung, Lampung

Pasir Timbul 
Wisata pantai saat ini menjadi salah satu wisata favorit selain wisata gunung. Tak ayal, Lampung pun yang realatif dekat dari Ibukota  menjadi salah satu destinasi favorit untuk para penghuni kota Jakarta dalam menghabiskan weekend mereka. Lampung pun makin berbenah diri, makin melebarkan sayapnya untuk wisata pantai. Beberapa lokasi di kawasan Lampung yang sudah santer terdengar diantara para pecinta pantai adalah sebagai berikut Kiluan, Krakatau Pulau Pisang dan Pahawang - Tanjung Putus.

Beberapa bulan terakhir ini kabar mengenai Pantai Sari Ringgung makin santer terdengar. Dari sebuah baliho di salah satu jalan utama di Bandar Lampung, saya mulai mengetahui akan keberadaan pantai tersebut. Satu hal yang membuat saya tertarik dengan pantai ini adalah adanya Pasir Timbul di dekat pantai mereka. Diiringi rasa penasaran akan Pasir Timbul tersebut, saya beserta Gilang akhirnya memutuskan untuk pergi ke sana. :)

How to get there?
Dari pelabuhan Bakauheni, pantai ini berjarak sekitar 102 km. Untuk mencapai Bakauheni sendiri dari Merak banyak kapal yang melayani trayek Merak-Bakauheni 24 jam non-stop. Merak-Bakauheni memakan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan. Kalau lagi apes ya bisa sampe 4 jam-an (tergantung ramai/tidaknya penumpang, cuaca, dll). Tapi rata-rata sih sekitar 2-3 jam.

Perjalanan menuju Pantai Sari Ringgung ini membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam via darat dari Bakauheni. Kalau starting point nya dari kota Bandar Lampung, kita cuma butuh sekitar 45 menit perjalanan atau sekitar 25 km (kemarin saya ke sana naik motor), kalau mobil bisa lebih lama mengingat ada beberapa titik yang suka macet. 
Bakauheni-Pantai Sari Ringgung (Di unduh dari google maps June 4th 2015, 12.11 PM)
Selain Pantai Sari Ringgung, di sekitar pantai ini banyak pantai-pantai lainnya yang sebenernya juga gak kalah cantik. Ada pantai Mutun, Klara, Duta Wisata, Tirtayasa, dll. Pantai Sari Ringgung sendiri terletak sebelum Pantai Klara. Jadi kalau udah ketemu dereta Pantai Duta Wisata, Tirtayasa, Mutun, lanjutkan perjalanan terus sampai melewati Hanura. Setelah Hanura baru deh kita akan ketemu pantai ini. Di pintu masuk nya sangat terlihat jelas Baliho Pantai Sari Ringgung. Saya yang baru pertama kali ke sana, sempet sedikit bimbang soalnya sudah melewati Hanura-pun masih belum ketemu juga. Udah niat mau nanya ke orang, eh alhamdulillah ketemu juga. Dan ternyata memang pantai ini terletak setelah Hanura. Hihiii.

Welcome to Pantai Sari Ringgung
Welcome To Pantai Sari Ringgung
Pantai ini gak terletak di pinggir jalan, kita harus masuk dulu ke dalam baru deh nemuin view seperti gambar di atas ini.  View di atas diambil di Krakatau view (ada di atas bukit). Untuk motor dikenakan biaya Rp 25.000,-  Karena pantai ini masih relatif baru dipugar, jadi keadaan di dalam masih relatif rapih, bersih dan terawat. Ombakpun gak terlalu berbahaya untuk anak-anak. Sangat pas untuk rekreasi keluarga. 

Sepanjang Bibir Pantai
Selain Pasir Timbul yang menjadi daya tarik pantai ini, masih ada beberapa aktivitas lainnya di pantai ini. Kita bisa main kano, banana boat, dan bebek-bebekan. Selain itu pantai ini juga dilengkapi waterboom mini sebagai fasilitas untuk anak-anak. 

Aktivitas di Pantai Sari Ringgung
Hihiii. Berhubung tujuan saya cuma Pasir timbul, setelah melepas lelah di pondokan (untuk penyewaan pondokan kecil dihargai Rp 50.000,- dan besar Rp 100.000,-) kami segera melanjutkan perjalanan dengan kapal yang kami sewa. Satu kapal dikenai tarif Rp 130.000,- antar jemput ke Pasir Timbul (maksimal 10 orang) dan berhubung kami cuma berdua saja akhirnya kami share cost dengan pengunjung lainnya. Masuk ke Pasir Timbul pun ada tiketnya seharga Rp 5.000,- per orang. Sebenarnya ada Pulau lain di seberang pantai ini, Pulau Tegal. Tapi tarif untuk ke pulau ini relatif mahal. Satu kapal dikenai tarif Rp 200.000,-  Kemarin sih kami ditawari ke Pulau Tegal dengan biaya tambahan sekitar Rp 15.000,- sampai Rp 25.000,- tapi tidak kami ambil trip tambahan itu. Hehe.

Lepas dari pantai Sari Ringgung, kapal akan bergerak menuju Masjid Terapung yang terletak tidak jauh dari bibir pantai. Ada juga kapal yang siap mengantar kita langsung ke Masjid ini, tapi melihat dari kejauhan juga sudah cukup. :) Perjalanan menuju Pasir Timbul memakan waktu sekitar 10-15 menit. Selama perjalanan kita akan disuguhkan beberapa bangunan yang awalnya saya kira adalah rumah warga tetapi ternyata keramba. Tapi bener deh mirip rumah banget apalagi disekitarnya ada masjid terapung. Hhee
Masjid Terapung
Keramba

Akhirnya kami tiba di Pasir Timbul. Siang itu suasana cukup ramai. Ohiya, di pasir timbul ini terdapat beberapa pondokan terapung yang harga sewanya lumayan mahal (Rp 100.000,-) dan juga dermaga yang akan mengantarkan kita ke Pasir Timbul ini. hihiii.. Kalau gak menyewa pondokan kita masih bisa duduk-duduk di pinggir pondokan. Free. Saran saya jangan lupa membawa baju ganti mengingat dari dermaga ke pantai kalau lagi pasang lumayan bikin celana basah. Hihiii.. 


Pasir Timbul (Di unduh dari google maps June 4th 2015, 12.11 PM)

Pasir Timbul



Share:

7 komentar