JURNAL -ngeteng sampe pulau sumatera-

kali ini saya pulang ke lampung mutus-mutus. Biasanya saya tinggal naik bus - duduk -tidur - sampe deh di Lampung. Tapi kemaren (05122010) saya balik pake NGETENG

Perjalanan saya mulai dari jatinangor naek bus jurusan elang - jatinangor . Turun di Leuwipanjang. Dari Leuwipanjang langsung naik bus jurusan MERAK - BANDUNG. Karena saya males keluar masuk terminal selama perjalanan saya lebih milih naik bus yang AC, dengan harapan gag terlalu banyak keluar - masuk terminal. Dan perkiraan saya bener, bus yang saya tumpangin cuma berenti di terminal Serang aja. Perjalanan dari Bandung - Merak ngabisin waktu sekitar 4 jam-an dan sampai di Merak pukul 13.00 dengan biaya Rp 55.000,00.

Rencana awal saya, saya berangkat pagi - pagi biar sempet buat naik Kapal Cepat. Secara Beda waktunya lumayan lama dibanding naik kapal yang biasa. Tapi. Apa mau dikata, ternyata Kapal Cepatnya TIDAK BEROPERASI. Yaudah, satu-satunya akses ya naik kapal ferry biasa yang ngabisin 2-3 jam perjalanan. Harga tiket relatif murah Rp 10.000,00. Kalo mau tempat yang enak, gag panas-panasan nambah sekitar 5 ribu lagi (tergantung jenis kapal) udah bisa ngerasain tempat ber-AC. Tapi kali ini kapal yang saya tumpangin lagi "jelek" menurut saya. Di ruangan ber-AC pun masih kepanasan. 30 menit terakhir saya sempetin buat keluar dari ruangan buat menghirup udara segar *baca = panas* di luar sana. Angin sepoi-sepoi khas laut menerpa tubuh saya. Ahh.. Enak banget nih suasana buat tiduran. Sayangnya saya gag lagi di pantai. hhiii..
Sampai di Pelabuhan Bakauheni sekitar pukul 16. 30 WIB.

Turun dari kapal, langsung menuju terminal buat naik travel sampe Bandar Lampung. Sebenernya ada alternatif lain yaitu BUS. tapi ,, Udah sebulanan ini travel lebih diminati ama penumpang gara-gara ada jalan ke arah bandar lampung lagi longsor dan dalam tahap pembetulan. Mobil yang bisa lewat cuma mobil pribadi aja, bus mesti muter jalan dan menghabiskan waktu yang relatif lama. Langsung saya naik travel dengan biaya Rp 35.000,00 dan sampai Bandar Lampung sekitar pukul 18.00 WIB.

Kalo diitung-itung, ngeteng lebih hemat 40 ribu dibanding saya naik bus langsung sampe Lampung. Tapi. Ya itu . Kalo mau ngeteng sendirian saya mesti berangkat pagi-pagi dan gag bisa tidur nyenyak selama perjalanan kalo gag mau saya kecopetan.