Merbabu Punya Cerita

yeeyy..
Merbabu jadi gunung ke empat yang udah saya daki. Mulai dari gunung Manglayang + Geulis di nangor sampe Lawu di Tawangmangu sana. Setiap gunung punya ciri khas masing-masing. Manglayang + Geulis yang tracknya buat saya waktu itu bikin ngos-ngosan. Lawu yang udaranya dingin parah plus anginnya wasweswaswos.... Merbabu yang tracknya bikin saya ngurut2 dada. But I love them..  Sekarang saya bakal cerita perjalanan saya ke Merbabu kemaren.

23 Januari 2011
Sebelumnya kita mampir jogja dulu sebelum ngelanjutin liburan ke merbabu ini.
Starting point kami ( saya - mestry - derry - coy ) dimulai dari Kopeng via jalur thekelan. Untuk mencapai kopeng kita naik bus jogja - magelang (sekitar 10ribu) disambung naik bus kecil dari terminal magelang yang ke arah kopeng. Waktu itu udah pukul 10.45 WIB pas sampe kopeng. Buat sampe ke thekelan mesti jalan kaki dlu lewat hutan pinus2, sawah2, dan terakhir kita ketemu sama JALAN RAYA. OMG! tau ada jalan raya, kita ngojek aja deh. =.= Lumayan 1 jam jalan boyok lagi-lagi udah pegel. Nd abis 1 jam-an jalan kita sampe juga di basecamp thekelan. Mana ditengah2 perjalanan sempet kena ujan lagi. Belum apa-apa udah disambut sama hujan plus carier lumayan basah. huhuu..
hutan pinus di kopeng

@basecamp thekelan
Ngeringin badan dulu terus numpang ke wc (saya beseran, hhe) terus solat, terus masak terus poto2 terus beli souvenir terus berdoa terus berangkat.. hha *kebanyakan kata-kata terus. Intinya ya seperti yang  udah dijelasin diatas itu tadi. :) Start sekitar pukul 15.30 WIB dengan tarrget nge-camp d puncak 2 (pemancar). Oh iya, dari jalur thekelan ini kita bakal nemuin 4 pos dengan 7 puncak (*banyak bgt puncaknya.. huhuu).

MAAR di thekelan.. :)
basecamp thekelan

Let`s go !!!! :)

awal-awal pendakian kita ngelewatin persawahan sampe masuk k hutan pinus lagi yang masih dikelola sama warlok.Pertama-tama masih lumayan bisa nahan beban di punggung ini. ya. walaupun istirahat kurang lebih 20 menit sekali. Sampe juga di pos 1 nd 2. Di pos 2 kita siapin head lamp soalnya udah mulai gelep. Istirahat lumayan lama sambil nikmatin kelap - kelip lampu dari kota Salatiga. Bagus banget view darisini. :)

Lanjut ke pos 3. Karena waktu itu udah malem, kita jalan ga bisa cepet2 banget. Secara penglihatan kami terbatas ditambah lagi medan nya maknyos banget. Serasa wall climbing-an disana. Walaupun cuma jalan sekitar 750m tapi serasa jauh banget. Bener-bener menguras tenaga. Sekitar 1 jam jalan baru sampe juga di pos 3.  Langsung buka carier - ambil roti tawar - makan . whaaahh... lumayan nambah tenaga waktu itu. Istirahat gag lama-lama amat soalnya badan udah mulai kedinginan. Diputuskan buat lanjut ke pos selanjutnya.

Aseli. Medan ke pos 4 ini hampir sama bahkan sama kayak medan antara pos 2- pos 3. Tanah. wall climbing. naik. pohon tumbang dimana2. Cuma itu yang ditemuin. Bener - bener maknyos banget medan antara pos 2 sampe pos 4. Capek. tapi rasa capek kami terbayar soalnya selama istirahat antara pos 3 - pos 4 ini bintang-bintang di langit bagus banget. Rasanya pingin saya gapai bintang-bintang itu. Di tambah lagi ada semacam petir (bukan petir juga sih, something like that ) di bagian belahan bumi lainnya yang sinarnya Subhanallah banget. Bener-bener ciptaan Allah SWT itu indah banget.. Ga kerasa sampe juga di pos 4. Pos terakhir. iyyeeyyy...

But.. Wait.. there`re still 7 summit again. omg!

Boyok ini udah pingin patah rasanya. haasshhh... semangat! 2 puncak lagi sebelum istirahat.
Yang jelas abis lewat pos 4 ini, angin makin kenceng. wasweswos....makin dingin. makin ngantuk. makin capek. makin naik aja jalannya. dan saya makin sering ngomong "bentar coy.." . 5 detik kemudian "ayok coy..". Yang jelas saya pingin cepet2 tidur.. ohh God..! >.<

Setelah lumayan lama jalan, sampe juga di puncak satu. Kalo diitung-itung masih 45 menitan lagi buat sampe ke pos 2. Yang pasti 45 menit itu bakal ngaret jadi sejam lebih klo kami terus maksain buat jalan. Akhirnya kami putusin buat ngecamp disini (puncak 1 ). Langsung bangun tenda. beres2. solat dan zzzzzzz... semuanya langsung tidur.

24 januari 2011

Tidur nyenyak? lumayan? tapi gak terlalu nyenyak juga. Buktinya saya masih ngelilir bangun beberapa kali. Yang jelas waktu itu saya ga tau jam berapa dan diluar masih gelap. Berarti masih malem menjelang subuh atau subuh menjelang pagi. Saya baru bener-bener bangun waktu denger suara "wah.. di luar cerah" . Saya langsung bangun . keluar dan subhanallah.. bagus banget pemandangannya.. :)

sindoro - sumbing dari puncak 1

puncak 2 alias pemancar yang harusnya kita ngecamp disana dilihat dari puncak 1. masih jauh mamen... ckckckkk.. mantap banget. kalo di kertas panduannya butuh mental yang tinggi . maju atau mundur (*sedikit lebai sih,, hhe..). Poto kanan zoom out nya dan kiri zoom in-nya. hhe.. :)

abis narsis-narsis.. langsung siapin sarapan + packing ulang. :)

menu sarapan. bakso - kornet - sosis - tempe..
ada monyet mengintai tenda kami..
tancap ke puncak 2.

Abis packing kita doa dulu buat kelancaran perjalanan sampe selo ntar. Beneran deh, tracknya nanjak trus, bikin boyok yang udah mendingan tadi mulai bengek lagi. alon - alon asal kelakon. saya paksain terus jalan naik sampe puncak 2. Waktu udah liat pemancarnya langsung semangat lagi. Alhamdulillah sampe juga di puncak 2 ini.

lanjut ke puncak 3 sampe 7.
perjalanan dari puncak 2 sampe puncak 7 kurang lebih sama kayak perjalanan sebelumnya. Cuma ada beberapa titik aja yang lumayan parah. Kayak gambar dibawah ini..

dan FINALLY... sampai juga di puncak. Alhamdulillah... Sayangnya cuaca kurang mendukung euy. Kabut dimana-mana jadinya view nya ga seberapa keliahatan. Yang keliatan cuma putih putih dan putih..
:( (pengalaman naik gunung waktu badai .. )

Alhamdulillah. My 2nd 3000-an dpl. :)

Capcus Turun via Selo.

Waktu baru sampe di puncak merbabu (the real summit), kita uda disambut ama kabut + angin yang wasweswos.. Waktu itu udah sekitar jam 1an. Kita langsung masak buat makan siang. Hmm.. Ga lupa salat dhuhur + asar dulu di puncak. :)  Udah selesai solat saya langsung bantu-bantu temen saya masak. Selang beberapa menit kemudian gerimis yang lumayan gede dateng juga. Langsung semua peralatan dimasukin ke carier (kecuali perlatan makan, hhe). dann bbbrrrrrrrrr... ujan deres tiba-tiba turun. carier basah, makan siang kami udah berkuah ditambah kuah alami dari air ujan (langsung aja saya makan tu makanan). Lama lama kok ujannya bikin sakit ya, ternyata eh ternyata .. HUJAN ES di PUNCAK MERBABU. (Subhanallah bgt bisa ngerasain hujan es di puncak) Es-es itu udah nemplok aja di carier kami. Aseli. Udara atis banget. super duper tiris. bbbrrrrr...

Akhirnya kami putusin buat segera turun dari puncak via jalur Selo. Waktu turun dari puncak merbabu, bener-bener angin nya kenceng banget. Sampe-sampe ponco temen saya sobek bek bek diterpa angin. Badan saya yang emang kecil udah nyaris terbang, untung aja carier saya lumayan berat (ada kali 18 kg) jadi nya saya ga sampe kebawa angin.. hhii.. Tapi bener-bener deh. Perjuangan waktu turun merbabu ini bener-bener. Semuanya diuji. Mulai dari jalan setapak yang kurang jelas. badai angin + kabut. Hujan deres. badan udah kedinginan sampe mau beku rasanya (sampe-sampe saya susah ngomong gara2 beku). Mental + fisik kami bener-bener diuji. Belum lagi, kaki temen saya yang kesleo.  :(

Sampe akhirnya kita dihadepin sama 1 bukit lagi di depan kami. Jejak jalan setapak udah mulai ilang. Bercabang jadi 2, satu turun ke bawah dan satunya lagi mengarah ke bukit itu. Akhirnya diputusin buat naik k bukit itu. Pokoknya saya paksain kaki ini buat melangkah naik - maju - naik dan maju. Bener-bener berharap tanjakan terakhir kali yang saya hadepin hari ini. :(

Udah sampe atas bukit itu (sebut aja puncak 8), jejak jalan agak-agak kabur. Sampe akhirnya saya ngeliat ada punggung orang di kejauhan. Langsung aja kita hampirin pendaki itu (jarang2 ketemu pendaki lain, dari thekelan cuma ketemu 1 pendaki aja ), ternyata mereka menjuju sabana 2 buat ngecamp dan berasal dari jalur Selo. Langsung aja kita tanyain jalurnya lewat mana - berapa waktu yang dibutuhin sampe ke titik tempat kita ketemu. Pokoknya tentang jalur Selo deh. (soalnya kita cuma tau sedikit info lwt jalur Selo). Thanks God. You save us. :)

Gag buang waktu lagi, langsung kita jalan lewat jalur yang ditunjukin sama pendaki tadi. Target kami 3-4 jam harus udah sampe basecamp. Sisa - sisa tenaga kami paksain buat jalan. View dari Selo bener-bener indah banget. Padang sabana dimana-mana. Sepanjang mata memandang cuma ada sabana, sabana dan sabana. Keren banget. Ditambah lagi di selatan kami berdiri dengan kokoh gunung yang baru-baru ini erupsi. yak. Merapi. Dengan kawahnya yang baru berdiri menjulang di depan kami, Sayangnya saya ga mendokumentasikan perjalanan via Selo ini. Udah males banget ngeluarin kamera. hhe

Abis ngelewatin padang sabana ini, kita masuk ke area hutan.hutan.hutan dan hutan. Sampe akhirnya sekitar pukul 19.00 WIB kita sampe juga di basecamp Selo. Alhamdulillah banget. Perjalanan turun sekitar 4 jam ini udha berakhir. Sekarang saatnya istirahat.. (kami menginap semalam dulu di basecamp karena kendaraan udah ga ada malem-malem).

View dari basecamp Selo dipagi hari juga ga kalah bagusnya..

dari pasar selo ini kita nyewa pick up sampe blabak 100 ribu rupiah. Selama perjalanan sempet mampir ke kali pabelan buat liat lahar dingin. :(

merbabu selesai.
liburan semester ini juga selesai.

well.. that`s my story about merbabu.
thankz to derry-mestry-coy for their patience during this trip .
Beautiful mems with all of u guys.