catatan perjalanan ke gunung lawu

Perjalanan ke Gunung Lawu kali ini diikuti 7 orang MAAR. 3 orang MAARmud + 4 orang MAARkot.
Tadinya ada beberapa anggota MAAR lagi yang mau ikut, tapi berhubung bentrok sama jadwal UAS, mau ga mau cuma bertujuh aja yang ikut.

28 Desember 2010.
Paginya para MAARmud (saya - ipang -nanta) UAS TI dulu. Pulang UAS langsung belanja logistik. Nyiapin makanan-pinjem alat sana-sini - packing - sekitar pukul 17.30 an saya pergi ke bunker (basecamp MAAR). Rencananya malem ini kami mau nginep di rumah kang Fajri soalnya jadwal kereta yang menuju Solo berangkat pagi. Pas di rumah kang Fajri packing ulang (lagi) sambil bagi-bagi logistik. Untung saya + teh agata logistiknya gag terlalu banyak ditambah lagi kami cuma bawa bahan makanan aja. hhe.. Tapi para lelaki bawaannya seabrek. Tenda-beras-flysheet-dll. Gag tau deh, encok mereka kambuh apa gag abis ekspedisi ini. hhii.. Selesai packing pukul 23.00-an. Langsung tidur buat perjalanan besok.

29 Desember 2010
Bangun sekitar jam 4an. Mandi (buat terakhir kali) sebelum naik ke Lawu. :p dan berangkat ke stasiun jam 5an. Sampe di Stasiun Kiara Condong udah banyak calo yang nawarin tiket, tapi untungnya kita udah beli tiket h-1 nya. Langsung menuju Kereta Pasundan sambil nyari tempat duduk. Keretanya kelihatan penuh banget, waswas gag dapet tempat duduk (gila aja berdiri sampe solo), nd alhamdulillah dapet juga tempat duduk di gerbong paling depan. Ya. Walaupun sedikit terpencar-pencar, yang penting bisa duduk aja. Kereta nya berangkat sekitar pukul 06.10 WIB nd berdasarkan jadwal bakal sampe di solojrebes jam 17.15.

Pagi-pagi udara  masih sejuk + gag terlalu rame, tapi udah siangan keretanya sumpek + banyak pedagang lalu lalang. Sumpek dah suasana di keretanya. Baju kebes ama keringet, belum lagi sempet kena ujan di jalan. Makin pengep + becek aja di dalem kereta. *pengalaman pertama naik kereta ekonomi.

Sampe di solobalapan (gag jadi turun di solojebres) sekitar pukul 17.45. Tanya sana-sini (kang Lukman yang nanya, hhe) kita jalan dulu sampe perempatan. Lumayan buat pemanasan. baru nyebrang di lampu merah langsung dapet bus yang menuju ke daerah Tawangmangu. Denger-denger Tawangmangu itu kayak Lembang-nya Solo lah. Di dataran tinggi - ada tempat rekreasi.Tapi, pas udah mulai masuk daerah Tawangmangu, di jalan raya bener-bener peteng. Gag ada lampu pinggir jalan. Mana jalanannya berkelok-kelok + bus nya ngebut lagi. Untung aja supir busnya udah profesional. Kalo nggak, bisa-bisa tuh bus malah masuk ke jurang. >.< . Kalo kata orang, view di Tawangmangu bagus kalo siang hari - sayangnya saya sampe sana udah malem. Jadi yang keliatan cuma gelep gelep dan gelep.  Buat sampe ke Tawangmangu dari Solo dibutuhin waktu sekitar 1.5 jam. Sampe di terminal Tawangmangu sekitar pukul 19.30 WIB. Waktu itu, suasana udah sepi pi pi pi. Nd kami akhirnya naik mobil semacam elep buat sampe di Cemoro Sewu. Pos Pendakian di daerah Magetan, Jawa Timur. Dan lagi-lagi jalanan gelap gulita - tanjakan - sedikit berkelok-kelok. Waktu sampe di cemoro sewu cuma bisa bilang "atissss rek". Sumpah, bener-bener dingin + angin yang kenceng. Malem itu kami nginep di pos pendakian Cemoro Sewu.
*catatan biaya
kereta bdg-solo : 29rbu
bus solo-twgmg : 10rb (ac dari angin :p)
mobil kecil : 7 rb
total : 46 ribu

30 Desember 2010
Waktu itu bangun sekitar pukul 05.15 - di luar udah terang . Ngambil wudhu buat subuh-an dan bbbbrrrrrr.... airnya sedingin air es.. awalnya saya pingin mandi tapi berhubung dinginnya pake banget, saya urungin niat saya buat mandi. hhee

Siap-siap buat keberangkatan ke puncak lawu dulu dan start sekitar pukul 09.00 dari pos pendakian Cemoro Sewu

Selama perjalanan sekitar 7 jam-an view di sana bagus-bagus. Batu-batunya, tebing-tebingnya, subhanallah bgt deh. :D
ada modelnya euy.. :)

Waktu ketinggian udah 2800-an, angin makin kenceng + kabut yang bikin jarak pandangan ke depan makin kecil. Pohon-pohon juga udah mulai berlumut + makin sering nemuin edelweis (sayangnya lagi gag berbunga :( )

Makin ke atas pula, makin sering nemuin tangga (*jalur cemoro sewu hampir didominasi semuanya sama tangga),, ini nih yang bikin boyok pegel. saya aja yang tasnya gag seberapa berat pegelnya boyok ini, apalagi para lelaki ya..? weitzz...4 thumbs up deh buat mereka. :)

sekitar pukul 16.00 saya + teh agata sampe d pos 5. D sana udah ada kang tody + kang lukman *mereka berdua cepet amat jalannya.. =.=* Sumpah. Dingin ngin ngin ngin, sampe hampir beku rasanya . brrrr.. Sambil nunggu yang lainnya ngangetin dulu di perapian *ada warung dari warlok lho d sini. * Abis itu langsung bangun tenda + beres2. dan tidurrr...

31 desember 2010
Bangun pagi-pagi, keluar tenda, cuaca lumayan cerah. Ya walaupun kadang-kadang kabut dateng terus pergi lagi terus dateng lagi teruss...... (uknow lah). Di pos 5 ini, pemandangannya bagus banget. Serasa diatas awan deh..
anginnya bikin saya mau terbang ..

*sebelum lanjut ke puncak

di atas langit masih ada langit lagi..
dari pos 5 ini, kita lanjut ke puncak lawu. hmm.. gag langsung ke puncaknya ding, tapi bangun tenda dulu di argo dalem. abis bangun tenda malah leyeh-leyeh di tenda sampe ujan pun dateng. Ok. Hari itu, batal ke puncak. Cuma d tenda aja kerjaannya sambil belajar sedimen *saya uas sedimen pas banget tgl 3 jan. .. :)

1 Januari 2011
Rencana awal mau bangun jam 00.00 1 januari 2011 sambil bakar-bakar sosis. Tapi, apa mau dikata, dari bertujuh gag ada yang bangun dan waktu saya bangun sekitar 00.12 WIB saya (ke)tiduran lagi.. hhaa. Yaudah aja,  bangun paginya sekitar jam 5-an. Keluar tenda masih dalam suasana berkabut dan gag bisa liat sunrise. saya + kang tody + teh agata langsung naek k puncak tpi ya itu tadi . gag ada sunrise. :(

Hari terkahir di Lawu dan sebelum turun, mampir dulu di puncak lawu -argo dumilah dengan ketinggian 3265 dpl. Subhanallah.. Dingin banget disana.
bendera MAAR berkibar di puncak lawu.. :)

abis dari puncak lawu, kita langsung turun lewat jalur cemoro kandang. Tracknya tanah nd lumayan landai. Tapi perjalanan dari puncak ke cemoro kandangnya ini ada jalur yang lumayan ekstrem. Liat aja di bawah ini..

kabut tebel + angin yang kenceng
kalo dari jalur ini ada 4 pos kalo ga salah. bedanya di tiap pos ini gag ada warung yang buka alias tutup. kalo diliat-liat, pendaki lebih prefer lewat cemoro sewu.. sempet mendokumentasikan beberapa foto di jalur cemoro kandang..

pos 4 dri cemoro kandang

gaya dulu ah.. hhaa

Alhamdulillah.
Perjalanan turun ditempuh selama kurang lebih 5 jam. Langsung balik ke nangor hari itu juga. dan tidur di kereta dengan kaki yang bergetar-getar.
hhee

sampai juga di pos cemoro kandang. :)

#bener-bener pendakian perdana 3000-an yang berkesan
#bulu mata sampe ber-es pas di puncak
#sukses bikin kaki pegel + betis tambah gede.