Gunung Ciremai *asoy + geboy*

via jalur palutungan

Finally. finally.
Hasrat buat naik gunung tersampaikan juga.

Personil Ciremai kali ini terdiri dari saya - kang tommy - kang joel - kang firly - kang disko - kang kumar.,,saya jadi yang paling imut alias paling buncit. Yang lain pada kakak angkatan semua, cuma saya 2009 seorang diri. Tapi gapapa, mereka semua baik-baik plus bikin saya ngakak terus sepanjang perjalanan. hahahaa.. Ada aja yang jadi bahan ketawa. Makasi akang-akang sekalian buat 3 hari nya kemaren. :D funtastic! hahaa..

Perjalanan dimulai hari Kamis, 22 April 2011. Janjian di depan alfa bungamas - kami semua berangkat ke Kuningan, tepatnya ke Palutungan. Kami berangkat naik bus dengan jurusan Semarang dengan asumsi bakal lewat Cirebon. Ya emang lewat sih, tapi dari ber6 cuma saya seorang yang langsung dapet tempat duduk. Yang lainnya berdiri dulu. hhaa... Baru 2/3 perjalanan, busnya mogok dan kami dioper ke bus lain. aigoo. Dan beruntungnya saya, saya langsung dapet tempat duduk lagi. :D Sewaktu sampe di terminal Cirebon waktu udah nunjukin sekitar pukul 23.55 WIB. Ya kurang lebih 3 jam perjalanan dari jatinangor. Terus lanjut nyarter angkot ke Palutungan selama 1 jam dan sampai juga di Basecamp Palutungan. Waktu sampe sana sekitar jam 1 dini hari dan tentunya ga ada orang. Warung yang biasanya dijadiin basecamp pun masih tutup dan alhasil kami tidur di pos ronda. Masing-masing nyari posisi PEWE dan saya kebagian dibawah kursi. Langsung beralaskan tanah. Aseli. tiris pisan. Apalagi mendekati jam 4. Sumpah. Dingin dingin dingin. >.<

Palutungan - Cigowong
Start berangkat jam 07.00. Selain kami ada rombongan dari Tangerang dan dari Jakarta. Ada sekita 3-4 an rombongan yang berangkat bareng kami. Langsung menuju pos 1 CIGOWONG (1450 mdpl) dengan waktu tempuh sekitar 3 jam-an. Berhubung langsung dihadapkan dengan tanjakan khas desa-desa , Kebun, hutan pinus, padang ilalang, dan mulai masuk ke daerah hutan dan saya jalan pelan-pelan banget. . Belum panas lah istilahnya. Selalu di belakang sampe pos 1. Aseli, waktu itu bener2 lemes mes mes mes. Dipaksain jalan dan sampai juga di pos 1 CIGOWONG. Di pos ini terakhir kita bisa ngedapetin air. (waktu di gunung mau air dari sungai bahkan air segelanpun semuanya langsung diminum, glekglek) Sampe puncak dijamin ga bakal ada air. Kecuali air hujan. Masak buat makan siang dan istirahat sampe 1 jam-an. Pukul 12.00 kami lanjut lagi ke pos selanjutnya P. Badak.

CIGOWONG - BADAK
Waktu tempuh ke P. Badak  (1800 mdpl) ini sekitar 1 jam 30 menit. Awalnya jalanan masih landai dan vegetasi mulai rapat. Tapi lama-lama track menanjak sampe-sampe ada tulisan "PUNCAK -->. Jika ragu-ragu kembali.!" Bikin jiper juga tadinya. tapi tetep aja , tancap.!!! Selama perjalanan bakal nemuin pos bayangan KUTA (1575 mdpl). Mulai dari pos 1 tadi kami selalu barengan sama rombongan dari jakarta. Ada 10 orang Bapak-Bapak. Aseli. Kadang bikin ngakak terus selama prejalanan. Bapak-bapaknya gokil abis. :)

BADAK- ARBAN
Dari Badak sampe Arban(2050 mdpl)   makan waktu sekitar 1 jam. Vegetasi tambah makin rapat dengan lumut udah mulai hinggap disana-sini. Dapet bonus lah kalo kata Bapak-Bapak rombongan Jakarta. Nanjak terus. >.< Harus pinter2 ngatur nafas ini.

ARBAN - TANJAKAN ASOY
Track nya bener-bener ASOY. Waktu tempuh cuma sekitar 20 menitan dari Arban . Tanjakan Asoy yang udah diketinggian 2300 mdpl punya lahan yang cukup luas untuk istirahat.

TANJAKAN ASOY - PASANGGRAHAN
Nah ini dia, cukup lama perjalanannya. Sekitar 2 jam kurang dikit dari Asoy. Tracknya udah asoy ditambah jadi geboy lagi. Mantap lah. Di Pasanggrahan ini kita langsung bangun tenda terus masak buat makan malem. Sampe di pos ini, disambut dengan gerimis yang maikn lama makin gede. Abis makan malem sekitar jam 7 malem langsung tidur. :)

PASANGGRAHAN - PUNCAK CIREMAI
Rencana awal mau summit attack jam 3 dinihari. Berhubung agak ngaret jadi nya jam setengah 4an baru berangkat. Waktu itu kita barengan sama tim dari Jakarta. Bapak-bapaknya semangat banget ke puncak. Makin ke atas, makin licin tracknya. Sampe di pos terakhir (Goa Walet, 2950 mdpl) masih ada 30 menitan buat sampe d puncak. Langsung aja di geber muncak. Tinggal 5-10 meteran lagi waktu lagi ambil nafas, ga sengaja saya liat ke kejauhan. Subhanallah. Ada bayangan gunung ciremai. Cantik banget. Langsung saya abadikan dengan kamera yang ada di kantong saya. Langsung lanjut ke puncak lagi. Waktu sampe puncak, bener-bener kerenbanget. Matahari uda sedikit naik, finally saya ngerasain sunrise (ya walopun agak telat) di puncak gunung. Indah sekali... :)

Total perjalanan ke puncak ciremai sekitar 12 jam (udah pake istirahat 1 jam lebih di Cigowong), dan waktu giliran turun cuma ngehabisin 5 jam doang (istirahat 1 jam di Cigowong lagi).

biaya per orang :
bus nangor - cirebon : 25.000
nyarter angkot ke palutungan : 17.000
registrasi : 10.000
logistik tim : 50.000
logistik pribadi : 20.000
nyarter angkot ke cirebon : 28.000
bus cirebon-nangor : 25.000

Pendakian yang sangat mengesankan...!! :)