Ada Apa di Semaar ?

Ada apa di semaar kali ini? Yang jelas ada kami para MaarMuda yang selalu muda (ahay) , MaarKot yang udah kolot (piss) dan para camaar. Saya gak bakal cerita tentang para Camaar ( out of record kalo mereka mah), cukup cerita tentang kami para MaarMud dan MaarKot. J

SEMAAR IV kali ini diawali dengan camping  di sekitaran Bukit Tunggul. Kalo si Camaar udah mulai tidur di bivak, kami masih ngebuat basecamp di rumah penduduk (hhee.. ). Yang jelas camp waktu itu masih enak. Masih bisa tidur dengan normal deh ! Bangun pagi – masak buat panitia yg lain – makan bareng – ke tempat siswa – masak (lagi) siang – ke tempat siswa lagi – masak lagi buat makan malem – and stay di beskem sampai keesokan harinya. Hee.. Rutinitas selama 3 hari yang terkadang menjemukan juga.  Dan sampai juga saat dimana camp bakal pindah. Finally.
Jadi kami para panitia dibagi menjadi 2 tim. Tim perintis/pendahulu dan tim siswa. Saya yang notabene cewek sendiri (Ingrid balik ke nangor buat ngurusin keperluan pelantikan disana dan akan menyusul di camp terakhir nanti) awal mulanya bakal join ke tim perintis. Tapi mendekati kepergian tim perintis, rencana berubah dan saya join ke tim siswa . Waktu itu bawaan tim perintis bener-bener banyak. Gak kebayang deh kalo saya yang jadi tim perintis. Ketinggalan di belakang terus kali ya. Belum lagi kepergian mereka ditemenin sama hujan.  L Gudlak dah buat tim perintis!
tim pendahulu

Saya beserta tim siswa dan siswanya melanjutkan perjalanan ke camp selanjutnya keesokan harinya. Kalo buat saya bisa dibilang nostalgia Semaar III, secara jalurnya sama – tempat nge-camp selanjutnya pun juga sama. Dulu waktu saya jadi siswa, gak bisa nikmatin perjalanan. Sekarang saatnya saya menikmati perjalanan ini. Yaaa. Walaupun dengan carier yang lumayan berat. *setidaknya gak seberat waktu jadi siswa. Ceritanya yang jadi dansis si Ipang, sisanya saya-kang tommy-ulik-derry jadi tim sweeper (apalagi aye, bener-bener jadi tim sweeper deh alias paling belakang! Hha)
saya dengan peralatan tempur! :D

Setelah melalui perkebunan dan menerobos hutan tropis *vegetasi lumayan rapat* sampe juga di camp I dalam flying camp ini. Ternyata tim perintis baru nyampe sekitar 3 jam yang lalu. Mereka nge-camp di tengan hutan mengingat udah mulai gelap ditambah hujan yang makin deras. Dari cerita banjo, kondisi mereka waktu itu kedinginan pisan. Berpelukan  berpelukan deh kalo bisa. Alhasil mereka ngebangun tenda seadanya.  Belum lagi pasokan air yang minim banget. Secara target ngecamp di camp I dimana di deket situ ada sungai gak tercapai. Untung waktu itu hujan, jadi mereka nampung air hujan buat masak keesokan paginya. Gak kebayang deh kalo saya jadi ikut tim perintis.
istirahat dulu kkak. :)
Lepas dari itu semua, kami para panitia langsung bangun tenda juga. Setelah tenda udah kebangun dengan kokohnya kami masukin barang2 ke tenda.  Udah selesai semua, saya langsung menuju ke sungai. Aselinya, air nya seger pisan. Air tipikal pegunungan.  Setelah bersih-bersih badan, langsung balik ke camp buat  masak makan malam kami.
camp 1

Selama di camp I kerjaan saya kalo gak masak-makan-tidur-curcol sama anak2. Gini nih nasib gak ada kerjaan, curcol sepanjang hari. Semuanya kebuka disini. Hhaa. Kalo udah gak ada kerjaan lagi, yaudah deh. Main ke sungai. Hha. Bener-bener nyatu dengan alam banget deh waktu itu, sampe-sampe saya bingung mau ngapain.
@ camp 1

Di hari ke sekian, kami lanjutkan perjalanan ke camp selanjutnya. Jarak tim perintis dan tim siswa sekitar 1.5 jam. Dan kali ini kami potong kontur dengan mengarungi sungai. Di sungai yang sama setaun yang lalu, saya jatuh bangun gara-gara kejeblos di lubang, terantuk batu sampe biru-biru, dan baju basah kuyup. *jadi kangen semaar iii, huhuuu. Tapi kali ini saya lebih hati-hati dalam melangkah biar gak jatoh lagi ataupun terantuk batu. Yeah. Walaupun pakaian masih tetap basah kuyup secara di beberapa titik kedalaman sungai bisa sampe sepinggang. Dan saya bener-bener enjoy this journey. J  Kalo jalan di sungai gak bakalan kerasa deh capek, panas, dll. Yang ada malah sejuk terus sepanjang perjalanan.

Buat camp II ini, lokasi lumayan jauh dari sungai. Jadi kami mesti masok air yang banyak apalagi kalo udah menjelang malam. Saya yang biasanya seneng berinteraksi dengan air jadi males ngambil air. Paling gak pagi dan sore jatah saya ambil air bareng Ingrid (Ingrid nyusul saya d camp ini) .. Hhe :p

Kerjaan saya nambah di camp ini. Kalo lagi gak ada kerjaan, saya ngulitin kayu pake golok. Aselinya. Ini pertama kali saya berinteraksi dengan golok sampe tangan saya kapalan.. Hahahaa… Lumayan memegalkan tangan. :D

Setelah beberapa hari disini, akhirnya tiba juga waktu saya untuk kembali ke peradaban. Seminggu lebih woy aye bener-bener menghutan, gak dapet sinyal hp. Mau jadi apa awak. Hhaa. Saya udah bener-bener pingin mandi euy. Ada kali seminggu gak mandi, palingan saya cuma bisa cuci muka-sikat gigi-bersih2 tangan-kaki. >.<

Dan malam itu akhirnya saya kembali ke kota. Kami berangkat dari camp sekitar pukul 20.00 WIB dan sampai di desa pertama yang kami temui sekitar pukul 22.30 WIB.  Bener-bener gelep sepanjang perjalanan, senter Cuma ada 2 buah, alhasil sepenjang perjalanan saya meraba-raba langkah. Belum lagi kalo di salah satu sisi jurang, alamak, pelan-pelan sekali aye jalannya. Lepas dari semua itu, di malem itu, bulan bener-bener cantik. Bintang-bintang juga bertaburan-banyak.  TOP BGT dh !!