In Memoriam - My Grandma

"Doain mbah sehat terus ya ma.." kata mbah saya waktu mama saya sungkem ke mbah saya Lebaran kemaren. 

Lebaran kemaren jadi lebaran terakhir bareng mbah. Masih inget banget waktu ngedorong kursi roda mbah pas mau solat ied, saya jadi tameng mbah di bagian depan. Mama ngedorong kursi roda, dan mbah yang terguncang-guncang di kursi roda mengingat jalanan waktu itu berbatu masih tersenyum. Gak jarang beberapa kali kaki saya kelindes kursi roda mbah, sakit? sedikit. :) Gapapa kalo buat mbahku tersayang. 

Mbah bener-bener menikmati bulan ramadhan ini . Walaupun sudah berumur (80 tahun), mbah masih puasa. Penuh. gak ada bolongnya sama sekali. Salut buat mbah! Semoga menjadi berkah buat mbah di sana.

"Dulu mbah pernah marah sama bapak gara-gara waktu itu bapak marahin novi di depan mbah, Bapak didiemin beberapa hari" ucap babeh saya. 

Kapan tepatnya kejadian itu, saya sendiri juga gak inget. Yang jelas udah belasan tahun yang lalu, mungkin ketika saya berumur 3 atau 4 tahun. Mengingat saat-saat itu masa-masa kenakalan saya. hhe.

Saya memang udah deket sama mbah saya dari saya kecil. Mbah saya yang ngerawat saya, nemenin saya di rumah, nganterin saya sekolah ke TK, nari, ke ulang tahun temen. Pokoknya saya deket banget sama mbah saya ini. Dulu, waktu saya kecil saya bener-bener ngerepotin mbah deh. Saya yang suka motongin sayuran - tempe yang harusnya dimasak malah berakhir di tangan saya dengan sadis, saya yang suka ngerengek minta di beliin es krim + beng2, saya yang suka ngeberantakin adonan masakan mbah saya, dan saya - saya lainnya yang suka ngebikin mbah saya repot. Tapi mbah saya masih ngadepin saya dengan senyumnya yang khas. Oh.. Miss it so  much. :(

Malam pertama tanpa mbah, yang ada di pikiran saya waktu itu " Mbah kesepian gak ya disana? Kasian mbah sendirian di tempat perisitirahatannya yang terakhir."  :(

Apalagi saya yang selama di Lampung, tidur selalu diatas jam 12 malem, setiap malem selama mbah sakit, gak jarang saya ngecek kamar mbah beberapa kali, begitu liat beliau tidur pulas saya langsung lega, kembali nonton tv dan tertidur, tapi kalo mbah gak bisa tidur saya langsung ngebangunin mama saya. Bener-bener gak tega saya waktu itu. :(

Sampai sekarang, rasanya masih kayak mimpi aja. Di benak saya, mbah masih di Lampung dan kalo saya pulang ke Lampung ntar, saya masih bisa ketemu mbah, cium pipi mbah, ngalem  sama mbah.

yang tenang ya mbahku sayang.
doa pik selalu buat mbah, :)



Share:

0 komentar