My Future (?)

Geologist never die. They just get stoned!
-Christina Maria Panjaitan

Sepenggal kalimat yang saya kutip dari blog Kak Christina . Sebuah blog yang sangat menyentuh. Saya gak tau apa saya bakal sekuat kakak itu kalo saya ngadepin situasi yang dialaminnya. Yang tegar ya kakak. :)

Dari blog ini - ngebuat saya pingin sedikit bercerita tentang saya dan profesi saya kedepannya dari pandangan seorang wanita. Apalagi profesi saya nanti lebih banyak cowok dibanding cewek.

Geologist.
That would be my profession in the future. Keluar masuk hutan buat ambil sample, nyusurin sungai, 
terisolasi dari dunia luar, bercengkerama dengan alam bahkan hutan yang masih perawan sampe mesti flying camp dari satu tempat ke tempat lain mungkin bakal jadi salah satu rutinitas saya dalam beberapa tahun ke depan mulai dari sekarang. Ya walaupun gak nutup kemungkinan buat kerja di kantor, tapi seenggaknya setiap geologist pasti bakal ngerasain salah satu hal di atas (dan saya udah ngerasainnya sekarang, dimana ada pemetaan awal yang mengharuskan saya terjun langsung ke lapangan - ngambil data - sample - keluar masuk hutan , dll) memulai semuanya dari lapangan atau bahkan berakhir di lapangan juga. Gak ada yang bakal tau. 
Lo cewek, Pik! Gak takut apa keluar masuk hutan?
Sebuah pertanyaan yang sering saya denger dan saya tanggepin dengan sebuah senyum. Yak. Sebuah senyum. Jujur, dulu saya masih belum terbiasa dengan satu hal itu. Tapi udah keluar lah jiwa saya yang suka  berbaur dengan alam. Jiwa saya itu makin terasah waktu saya jadi mahasiswi Geologi. Fisik saya ditempa, mental saya dilatih buat gak cengeng di lapangan. Hal ini bakal jadi tantangan buat saya.

Alam gak kenal gender - gak bakal pilih-pilih! Mau dia cowok atau cewek sekalipun, kalo udah di alam bebas - lo mesti TANGGUH even lo itu seorang cewek!

Kalimat diatas selalu terbayang-bayang di pikiran saya. Kalo lo gak kuat - alam bakal nampar lo! That`s why saya selalu mencoba melebihi batas limit saya kalo saya udah di lapangan. Saya sadar, profesi saya 2-3 tahun ke depan mengharuskan saya buat jadi cewek yang kuat. Kalo disuruh milih kerja di kantoran atau di lapangan, yang ada di pikiran saya sekarang - saya bakal jawab - di lapangan. Alam mengajarkan banyak hal. Dari lapangan kita bisa belajar banyak hal - gak sekedar teori aja. Bayangan 3D di dalam kelas bakal kita liat langsung di lapangan. Itulah kenapa saya suka lapangan - alam bebas. 

Hobi gw ngedukung profesi gw beberapa tahun ke depan.
Naik gunung, ngebolang ke alam, bener-bener ngebantu saya. Entah kenapa, saya bener-bener suka banget ngebolang, apalagi naik gunung. Memang, pengalaman saya masih sangat sedikit. Justru saya makin tertantang buat ngebolang sampe pelosok negeri ini. Dari hobi saya ini, sedikit banyak udah ngelatih saya. Apa yang perlu saya butuhin di lapangan? Gimana caranya masak pake parafin?Gimana caranya bikin api? Gimana caranya manage makanan? Gimana caranya ngehargain alam? Dan gimana - gimana lainnya yang cuma saya dapetin di alam. Seperti yang udah saya bilang. Alam mengajarkan banyak hal. :) 

Ortu lo gak ngelarang kalo elo mesti keluar masuk hutan?
Jawabannya gak sama sekali. Memang awalnya buat minta ijin naik gunung aja yang notabene cuma 3-4 hari susahnya minta ampun. Satu syarat utama ceweknya gak boleh sendirian. Saya yang waktu itu pingin mendaki Gunung Merbabu dimana keadaannya cuma saya seorang diri yang cewek ngasi pengertian ke orangtua saya. Walaupun masih setengah hati, tapi akhirnya mereka ngijinin juga. Dan setelah itu, setiap kali saya mau ke lapangan/ naik gunung mereka pasti ngijinin saya. Bahkan ngedukung saya. :). Ditambah kakak pertama saya yang kurang lebih kerjaannya mirip-mirip sama apa yang bakal saya lakuin kedepan.*love you full mom-dad :)
Ya ampun pik, lo jadi kayak cowok sekarang.
Gak jarang temen lama saya ngomong hal itu ke saya. Dan saya (lagi-lagi) cuma bisa senyum aja. Gak tau kenapa saya jarang banget pake rok. Dalam setaun mungkin cuma lebaran aja saya pake rok. Lebih enak pake celana daripada rok. Mungkin kalo pake rok langkah kaki saya jadi terbatas-jadi gak bisa ngapa-ngapain dengan bebas.hhee... Tapi saya masih cewek kok teman-teman. Luar-dalam. :) 

Dari alam juga gw bakal selalu bersyukur atas ciptaan Allah SWT.
Someday, Lo bakal nemuin sesuatu hal yang diluar batas imajinasi lo di lapangan. Dan saat itu juga lo bakal selalu bersyukur atas kuasa Allah SWT. Di alam juga siapa lagi yang bisa ngelindungin kita kecuali Allah SWT. Semua itu ngebuat saya makin deket dengan Allah SWT. 

Overall.
Jangan pernah takut buat bercengkerama dengan alam. Alam itu luar biasa. Bener-bener luar biasa. Apalagi seorang geologist. Dengan semua risiko yang dihadepin - banyak bukti konkret sosok-sosok geologist yang sukses diluar sana. And I will be one of them. Insya Allah.

Geologist itu bukan sekedar pekerjaan, Geologist itu profesi. Kapan pun dan di mana pun dia berada, Geologist tetap akan dikenal sebagai Geologist. 

Willson Joshua Manghittua Sibarani

Quote diatas ngingetin kita semua. geologist tetap akan dikenal sebagai geologist. Kapanpun-dimanapun. 

Share:

2 komentar