Eksotiknya Pantai di Ujung Barat Sumbawa



*diambil dari Google Earth
Saya bersyukur banget, lokasi Tugas Akhir saya ini sangat sangat dekat dengan pantai. Sekalinya jenuh - suntuk saya bisa 'kabur' ke pantai. Bagi kalian yang sedang atau akan berkunjung ke pulau Sumbawa, patut di coba pantai-pantai yang berlokasi di Kabupaten Sumbawa Barat ini :)

1. Pantai Maluk
Pantai pertama yang saya kunjungi di akhir minggu saya. Berlokasi sekitar 13 km dari tempat saya tinggal. Kalo dari Terminal Benete tinggal naik ojek dengan biaya sekitar Rp 2.000,- saja dan kita sudah bisa sampai di Pantai ini. Di bawah pukul 10.00 , banyak warga sekitar yang menghabiskan minggu pagi mereka di pantai ini. Hanya sekedar berenang ataupun menikmati suara deburan ombak. Lebih dari jam 10, maka rumah makan di pinggir pantai akan ramai dikunjungi para warga (biasanya) 'townsite' yang mencari menu baru. Waktu itu saya berkesempatan mencicipi ikan bakar, SEPAT (makanan khas Sumbawa), plecing kangkung yang ruar biasa enak, dan es kelapa muda. Ahh. Bener-bener enak banget ditambah pemandangan pantai yang kueren! *pantai terbersih dibanding pantai lainya



Sepat + Kelapa Muda + Ikan Bakar

2. Pantai Tropika
Pantai kedua yang saya kunjungi di akhir minggu saya lainnya. Dapat ditempuh jalan kaki sekitar 45 menit dari townsite atau dengan kendaraan selama 15 menit. Pertama kali saya ke sana saya mencoba via jalan kaki dan Subhanallah, jangan coba-coba jalan diatas jam 12 siang. Kondisi jalan yang gersang bisa bikin badan dehidras (OK, ini agak lebai! hha). Yang jelas pepohonan sangat sangat sedikit, jalanan terbuka. Untungnya waktu saya kembali ke townsite, kondisi sedang mendung dan #tiktiktikkkk,, gerimis datang dan kami (juga) kelimpungan nyari tempat berteduh.


Jalan menuju Tropika Beach  nan panas*.*

Yeeee. *mumpung lagi surut



Kapal Nelayan
  Disini kita bisa bertemu dengan warga sekitar yang mencari ikan di laut. Kedua kalinya saya ke pantai ini waktu saya ingin menikmati matahari tenggelam dan kali ini saya lebih memilih memakai kendaraan :) dan terakhir kalinya ke pantai ini, ombak lagi besar dan saya cuma bisa melihat langit mendung. :(


Sunset from Tropika Beach
Dyah - Fitri - Mbak Ade - Sendang - Dewi :')

3. Pantai Rantung
Pantai ketiga sebagai tempat saya 'kabur'! Berada persis di sebelah Pantai Tropika (dipisahkan oleh Bukit) dan jika menaiki kendaraan akan memakan waktu sekitar 20 menitan. Pantai ini sangat luassss dan salah satu spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam sampai-sampai saya berkunjung ke pantai ini sebanyak 4 kali. Hhe. Selain itu di salah satu sisi pantai ini, biasa dijadikan spot untuk surfing. Sayangnya banyak sampah laut terbawa ombak dan mampir di pantai ini.  







4. Pantai Yoyo
Pantai ini bersebalahan dengan pantai Rantung. Tidak ada batasan yang jelas antara Rantung dan Yoyo. Disini ombak sedikit lebih bersahabat dibanding Pantai Rantung. Baik Yoyo dan Rantung terdapat beberapa kafe sebagai tempat untuk menikmati indahnya pantai-pantai tersebut.








(kalo pantai-pantai edisi kali ini dikasih tema sambil menyelam minum air, sambil penelitian sambil ngebolang :') )

Share:

9 komentar