One Day Trip To MILAN!

Duomo!
Hari ke-11 saya di Itali. Hari ini saya berencana mengunjungi Milan bersama Saskia dan Suci. Pagi itu, tumben sekali kami bertiga bangun pagi dan tepat pukul 06.00 Waktu Turin kami sudah sampai di Stasiun Porto Nouva. Celingak celinguk ngeliatin cara orang beli tiket, akhirnya kami mencoba sendiri dan happ...berhasil. Kami Membeli tiket Turin - Milan - Turin sebesar 25.2 Euro. Sambil menunggu kereta, kami membeli sarapan di Mc.Donald yang terletak di dalam stasiun dan mem-validasi tiket kereta kami.
San Siro

Perjalanan dari Turin sampai Milan ditempuh dalam waktu 1 jam 55 menit saja. Berhubung cuaca masih enak buat dibawa tidur, kami semua tertidur di dalam kereta dan begitu bangun sudah sampai di kota Milan. Begitu sampai stasiun, saya yang notabene beser-an langsung nyari toilet. Dan helloo... buat masuk ke dalem saya harus merogoh kocek 1 Euro :( biar si pintu mau kebuka. Akhirnya selama saya di Milan, kalau ada kesempatan toilet gratis langsung deh masuk ke dalem, mau kebelet ataupun gak kebelet. Lumayan men 1 Euro bisa beli burger atau pizza.

Tiket seharga 17 Euro
Dari stasiun kami mencari loket penjualan daily pass untuk transportasi umum di Milan seharga 4.5 Euro. Setelah mendaapat tiket, kami segera menuju halte bus. Dan happ. Kami segera naik ke bus nomor sekian (saya lupa nomor berapa) dan segera menuju Stadium San Siro. Jadi kami berhenti di daerah Lotto (ciri-cirinya ada Mc.Donald di salah satu pojokan). Begitu turun, kami bertanya mengenai jalan ke San Siro Stadium mengingat tidak ada tulisan sama sekali. Setelah mengetahui arah, kami mampir ke Mc.Donald untuk mengisi perut kami yang sudah keroncongan lagi. Hhe. Lalu kami berjalan sepanjang jalan kenangan (lumayan jauh gak sampai-sampai) dan akhirnya kami lihat bangunan dengan halaman parkir yang luas. Duh, Kesan pertama saya kok biasa aja ya, mungkin karena sebelumnya saya udah berkunjung ke Stadium Juventus yang menurut saya jauh lebih WAH! Mana hari itu sangat sepi pi pi. Karena Suci dan Saskia pingin banget masuk ke dalam, saya-pun setuju untuk ambil Museum-Stadium Tour dengan tarif 17 Euro.

Lapangan

Kunjungan kami ke San Siro, tepat beberapa hari sebelum pertandingan Juventus vs Ac. Milan. Hari itu tiket sudah sold out, sayang seribu sayang, kami gak dapet tiket. Di sini kami juga bertemu dengan Pak Iswandi dan Ibu Sari yang sedang menggenapkan perjalanan keliling Stadion Sepak Bola di Eropa. Akhirnya ketemu orang Indonesia lagi. :) Sukses Pak untuk bukunya. Hhe. Setelah puas menikmati suasana di dalam stadium dan museum, kami segera bertolak ke Duomo. Kali ini kami tidak harus berjalan kaki, melainkan naik Bus nomer 6 (kalo gak salah) sampai Lotto dilanjutkan naik metro menuju Duomo. Setibanya  di Duomo, kami segera keluar dari stasiun. Dan Taraaaaaa..... Suasana bener-bener ramai, banyak pelancong dan para imigran yang menjajakan dagangannya. Ada yang berjualan gelang dan biji jagung karena banyak burung di halaman Duomo. Jujur sih, saya sedikit menghindar karena mereka menjualnya sedikit memaksa.

Duomo!

Ketemu Bu Sari dan Pak Iswandi  lagi di Duomo. :)
Setelah puas menikmati Duomo dari luar, kami-pun segera masuk ke dalam. Bagi pengunjung yang ingin mengambil gambar dengan kamera masing-masing, diharuskan membayar sekian euro di pintu masuk. Well, saya lebih memilih untuk memasukkan kamera ke dalam tas dan duduk di dalam Duomo (Kaki udah mau patah rasanya) sambil melihat arsitektur dari Duomo. Lepas dari Duomo, kami gak tau lagi mau kemana, akhirnya kami memutuskan berjalan kemana kaki melangkah sambil mencari souvenir dari Milan. Ohiya, hari itu sebenarnya ada Milan Fashion Week, tambah ramai sudah.

Salah satu pojokan di Milan!

Mirip Arc de Triumph - Paris
Jalan-jalan-jalan-dan-jalan. Kami kelelahan dan akhirnya memilih duduk di pinggir jalan sambil menikmati pengamen. Sebelum akhirnya kami kembali ke Stasiun dan bersiap kembali ke Torino. Ceritanya setiba di Torino, kami jadi penumpang terakhir yang turun dari kereta-itupun dibangunkan oleh Bapak Masinis. Hahaaa.. Kami bertiga kelelahan dan terlalu asik tidur di dalam kereta sampai tidak sadar kalau sudah tiba di Torino.

One Day Trip yang Superb!

Terimakasih Saskia - Suci :)