Catatan Kehamilanku #5

Nah kali ini saya akan cerita tentang kelahiran adek. Jadi berhubung saya lagi cidera, saya gak bisa melakukan gerakan buat ngebantu adek turun ke panggul dsb. Saya cuma bisa tidur miring kiri dan main gymball. Mana waktu week 37, adek lagi pinter banget. Posisi adek berubah dari tengkurap ke terlentang, untungnya posisi kepala gak berubah (masih di bawah). Biar posisi adek jadi tengkurap, dokter nyaranin buat tidur miring ke kiri mengingat saya ga bisa jongkok2.

Belum lagi sampe week 40, adek belum nunjukin tanda-tanda buat melihat dunia. Untungnya suami pas banget jatah cutinya waktu umur kehamilan week 40.

Malam hari waktu pak suami pulang, adek dalem perut langsung begajulan. Pas besok subuhnya, mendadak perut saya mulai mules kayak mau datang bulan dan saya yakin ini bukan gelombang cinta palsu. Makin siang rasanya kok makin mules perut ini. Akhirnya saya kontrol lagi ke dokter udah bawa perlengkapan persalinan. Waktu kontrol itu interval antar gelombang2 cinta masih 5-8 menitan sekali. Dan dokter nyaranin kalo udah 2 menitan sekali langsung ke IGD. Posisi adek juga udah mulai tengkurap. Sepulang dari dokter saya masih sempet jemput mama saya. Sampe rumah langsung main gymball, tiduran miring kiri dan sampai malam pun interval masih 5 menitan sekali. Tapi kok rasanya makin jadi.

Akhirnya jam 10 malem saya ke IGD langsung cek dalem. Pas cek dalem udah parno duluan kan danrasanya...... Aduhai bener-bener dah. Udah pasrah dan Ternyata masih pembukaan 2 sodara-sodara. Masih jauh dari pembukaan 10. Hahahaa. Saya pun langsung pulang lagi ke rumah. Di rumah cuma bisa dibawa tiduran aja dan rasa kontraksinya kok makin nambah. Buat ngurangin rasa kontraksinya, cuma bisa minta elus-elus bagian pinggang sama Pak Suami. Pingin dibawa tidur juga gak bisa. Makin malem saya udah ga bisa ngitung interval kontraksi. Gantian pak suami yang ngitung. Setiap mulai kontraksi saya cuma bisa ngomong "mulai..." Dan bilang "udah" begitu gelombang cinta hilang. Udah gak kepikiran lagi interval dan durasinya. Sampe akhirnya jam 1an interval dan durasi udah 1.5 menit. Langsung deh berangkat ke IGD.

Sepanjang jalan saya cuma bisa merem dan meringis. Pak suami udah fokus aja nyetir biar cepet sampe di IGD. Dan begitu sampe IGD langsung cek dalem lagi. Alhamdulillah sekarang udah pembukaan 6 tapi posisi kepala masih jauh 😣. Saya disuru tidur miring ke kiri sambil nunggu gelombang-gelombang cinta lainnya. Beneran deh, tidur miring ke kiri itu bikin rasa makin berasa banget. Cuma bisa minta elus elus (lagi) sama mama dan pak suami. Yang jelas setiap di elus-elus rasa mulesnya berkurang.

Sampe akhirnya saya udah mulai ngerasain rasa ingin BAB. Sama bidan saya gak boleh ngeden dulu soalnya belum waktunya. Oke lah. Awal-awal masih bisa nahan. Tapi kok makin lama, ngedennya otomatis sendiri ya. Saya gak ngeden tapi malah ngeden jadinya. Pas saya lagi fokus biar gak ngeden ehh mendadak "pyaaaarrrrr" ada suara balon meletus dari dalem perut dan weessssss langsung basah semua. Yap. ketuban saya pecah. Pas diperiksa bidan udah pembukaan 8-9. Alhamdulillah. Mendadak semua langsung beberes, nyiapin lampu dsb. Dari pembukaan 9 ke 10 berasa cepet juga. Saya udah disuru latian ngeden aja. Dan di percobaan sesi 3, adek lahir. Pas kepala adek keluar rasanya legaaaa dan badannya langsung wuusssss keluar juga.  Alhamdulillah..tepat pukul 04.59WIB hari Minggu, 27 Mei 2018 adek lahir.

Welcome to the world adek Ammar. 🤗👼🏼 We love you

Share:

0 komentar