Terimakasih Bapake

"madu di tangan kanan kuuu....racun di tangan kirikuuu....."

Masih inget banget Bapake suka nyanyiin lagu itu sambil pake minyak rambut nya di depan kaca atau sambil nyubit gemes pipi saya yang masih SD. Langsung lah saya bilang "Bapake....." Sambil cemberut.

***
Ah.. itu kenangan saya sama Bapake waktu saya kecil. Ada di lain waktu saya pingin banget donut merk J. Bapake gak mau beliin waktu itu, malah saya dimarahin. Tapi tiba-tiba Bapake dateng sambil bawa selusin donut J itu. Terimakasih Bapake.

Makin saya dewasa, "nyubit pipi" masih aja dilakuin. Mungkin bagi bapake, saya tetap bakal jadi gadis kecil nya. Bahkan sampe saya nikah pun masih suka dicubit pipi saya.

***

Setiap saya pergi ngebolang waktu jaman kuliah, pasti bapake nambahin "sangu" nya. Padahal saya berangkat juga dari nyisihin uang bulanan. Terimakasih Bapake.

***
Pas kuliah saya pernah kena dbd, Bapake langsung berangkat ke Bandung. Bolak balik nyari RS soalnya kamar pada penuh. Terus rela bobok di lantai, sementara saya di kasur dan mama di kursi. We 💗 you Bapake.

***
Bapake selalu jemput saya setiap saya pulang ke Lampung. Dinihari pun Bapake rela jemput saya lewat jalan sepi. Terimakasih Bapake.

***

***
"Pik masuk ke dalam aja...." Ucap Bapake waktu saya ngenalin Mas G pertama kalinya. Dan di pertemuan pertama itu, Mas G udah langsung ditanya mau serius sama saya atau tidak. Hhihii..Di situ juga Bapake kasi restu buat kami berdua dan gangguin anak bungsunya terus-terusan. Terimakasih Bapake.

***
"Bapak ngantuk banget..."ucap Bapake, padahal lagi nyetir mobil nganterin saya kirim undangan. Maafin Pik Bapake, ngerepotin Bapake terus. Sampai akhirnya saya nyubitin Bapake terus biar Bapake melek. Terimakasih Bapake.

***
"Hai Gilang Surya Atmaja..Saya nikahkan engkau..............."
Satu momen paling bikin mbrambang. Dengan suara bergetar, Bapake nyerahin anak cewek satu-satunya ke pria lain pilihan gadis kecilnya itu.  Terimakasih Bapake.

***
Terakhir ketemu Bapake waktu Bapake sama Mama berkunjung ke BSD bulan Agustus 2017. Pas banget waktu itu saya lagi demam tinggi, pusing, tepar. Alhasil Bapake sama Mama malah ngerawat saya pas di BSD bukannya jalan-jalan. Inget banget rumput di halaman depan waktu itu mulai subur, Bapake sama mama pagi-pagi bangun terus nyabutin itu rumput. Saya mau bantuin tapi saya nya masih kliyengan. Aaahh.. Terimakasih bapake - mama.

Satu hal yang gak bisa lepas dari Bapake adalah koran. Sampai BSD pun pagi-pagi cari yang jualan koran di mana. Dan saya cuma bisa nggeleng gatau tempat belinya. Huhuu... Maafin Bapake..

***
"Bapak cerita ke om, Bapak seneng banget waktu tau Novi hamil. Saya baru kali itu ngeliat Bapak seneng dan cerita banyak banget..." Ucap salah satu teman Bapake. Terimakasih Bapake.

***
(Saya kirim gambar hasil USG baby A)
🤰 Ituu baby nya...
👱 Gambar apa itu?
........
Terus saya gemasssss..hhihi.. Mungkin pas jaman Bapake, belum ada USG-an).

***
Saya diharuskan minum obat beberapa jam sekali dan salah satunya ada yang jam 2 dinihari dan begitu Bapake tau, setiap hari Bapake selalu nelpon jam 2 dinihari buat ingetin saya minum obat. Lambat laun, saya baru tau Bapake juga lagi minum obat. 😖. Terimakasih Bapake.

***
Bulan November kondisi Bapake menurun. Obat-obatan udah gak mempan lagi. Suntik insulin pun menjadi pilihan selanjutnya (dan saya baru tau Bapake udah suntik insulin beberapa bulan kemudian). Bulan Desember ingin rasanya pulang ke rumah tapi cuaca lagi gak baik. Naik pesawat takut gruduk-gruduk, pelabuhan pun sempat ditutup. Alhasil hanya video call - an sama Bapake.
"Doain Bapak ya Pik biar cepet sembuh..."

***
Setiap Video Call Bapake selalu buru-buru. "nih mama nih mama....."sambil nyerahin telpon nya ke Mama. Mungkin Bapake gak mau bikin anak bungsunya ini khawatir.

***
Satu hari sebelum Bapake masuk rumah sakit, saya sempet video call sama keponakan di rumah. Dan waktu itu masih terdengar suara Bapake. Bapake abis makan. Masih bisa jalan sendiri ke kamar.
Dan waktu itu Bapake sempet ngomong "Dadah Yasmin - Maryam..."sambil masuk ke kamar.

Terimakasih Bapake buat 27 tahun ini.
Bapake yang selalu ada buat anak gadisnya ini.

Share:

0 komentar