Kayu Aro, (Konon) Kebun Teh Terluas se Asia-Tenggara (part 2)

Akhirnya setelah berbulan-bulan sempet pending nulis tentang perjalanan saya ke Atap Sumatera, disponsori oleh koneksi internet yang kenceng, mari kita tuntaskan cerita panjang ini! :D

******

Dari Sungai Penuh kami berempat segera menumpang angkutan desa menuju Kayu Aro. Perjalanan kali ini benar-benar menyejukkan mata. Selepas Kota Sungai Penuh, jalanan khas desa menyambut kami. Satu jalan lurus yang membelah persawahan menjadi hal yang kami lalui di awal perjalanan. Sampai akhirnya jalanan sudah berkelok-kelok dan membelah kebun teh yang sangat luas. 

Perkebunan teh ini menunjukkan kami sudah akan tiba di Kayu Aro. Konon, kebun teh Kayu Aro ini merupakan kebun teh terluas se-Asia tenggara dan tertinggi kedua setelah perkebunan teh di Nepal (4000 mdpl). Luas? Sangat! Tertinggi kedua? Mungkin. Yang jelas kebun teh ini berada di ketinggian 1600 – 1800 an mdpl. Tampak di kejauhan Gunung Kerinci berdiri dengan kokoh. Hanya saja waktu itu puncak Gunung Kerinci tertutup kabut. Penduduk Kayu Aro ini nyaris sebagian besar bersuku Jawa sehingga kamipun bisa mengobrol dengan santai. 




Selamat Pagi Kayu Aro,  Kerinci!

Share:

0 komentar