Gak Hanya Sekedar (naik) Gunung

Ehmm..

Kalo ditanya "Ngapain sih Yah kamu naik gunung, capek-capekin badan aja". Saya bakal jawab " Gatau ya, naik gunung itu rasanya damai. Cobain sekali dan kalian pasti akan ketagihan" Well. Bagi saya gunung itu tempat “pelarian” disaat saya suntuk, pikiran njlimet, capek, plus disaat galau menyerang kerajaan api! #eh. Pikiran saya rasanya bakal langsung jernih waktu saya liat semuamuamua yang serba hijau. Rasanya kok Allah itu super duper baik banget nyiptain gunung dan lautan ini buat manusia yang terkadang malah merusaknya. 





Di gunung itu, semuanya jadi complicated. Cuaca yang awalnya cerah - mendadak bisa jadi badai hujan. Kabut yang sering datang gak diundang pulang gak dianter. Yang jelas gunung itu rumah kedua buat saya - satu satunya tempat dimana saya bisa ngerasain damai dan di gunung juga semua emosi manusia berkumpul. 
Waktu kita naik gunung, semua rasa bakal kita rasain. Gimana rasa capeknya berjalan selama berjam-jam dengan medan yang berat dan semua rasa capek kita bakal bener-bener kebayar waktu ngeliat view dari atas gunung. Gimana rasa bersyukur kita terhadap Allah SWT buat ciptaanNYA yang megah ini. Gimana kita yang harus nahan emosi satu sama lain dalam kelompok perjalanan, ngelepasin ego masing-masing biar perjalanan  lancar, Gimana kita ngerasa kecil dibanding ciptaan-NYA, Gimana kita harus sama-sama berbagi, Gimana kita harus ngelawan LIMIT dari diri kita sendiri. Dan Gimana kita menganggap makna penting di balik perjalanan itu sendiri. Yang jelas dalam setiap perjalanan selalu ada makna yang bisa dipetik. Yang terpenting dari sebuah perjalanan adalah prosesnya. :)

Buat sampai ke puncak itu butuh perjuangan
Tapi sayang, makin ke sini, gunung yang mungkin bertahun-tahun lalu masih bener-bener hijau sekarang udah tercemar sama sampah-sampah dari para pendaki :’(. Saya juga masih dalam proses belajar buat hal yang satu ini. Ehmm, seenggaknya waktu naik gunung bawa turun sampah yang kalian bawa deh. Untung-untung bisa membawa sampah yang udah ada di sana. Kalo bukan kita, siapa lagi yang bakal melestarikan gunung? Sama satu lagi, jangan melakukan kegiatan vandalisme di gunung. Corat sana coret sini, buat sampai di atas sana aja udah capek, masih aja ya kepikiran buat nyoret-nyoret pohon dan batu.  Beneran deh, mereka akan lebih cantik kalo gak di rusak. Terus jagalah habitat anaphalis javanica alias bunga edelweis. Pliss siapapun yang mau naik gunung jangan metik bunga ini buat oleh-oleh. Oleh2 bisa lewat poto aja kan? Poto jauh bisa lebih berbicara tentanh apa yang ada di atas sana dibanding metikin bunga edelweis. Anaphalis javanica ini bonus buat semua jerih payah kita untuk bisa sampe ke atas sana dan kalo dipetikin terus kasian pendaki lainnya yang ingin menikmati indahnya edelweis di habitat asli mereka. Mereka akan lebih cantik di sana - di habitat aslinya. :’) 
Batu yang udah dicoretcoret sama oknum  gak bertanggungjawab :(
Sampah dimana-mana :(

Ayo, lestarikan gunung agar anak cucu kita bisa merasakan indahnya mereka! :’)
Cuma ada di gunung!


Anaphalis Javanica

Share:

0 komentar