Geowisata di Goa Pindul dan Kali Oyo

Setaun terakhir ini masyarakat Indonesia mulai mengenal Goa Pindul dan Kali Oyo. Buat sebagian orang, Goa Pindul dan Kali Oyo bisa dijadikan tempat rekreasi keluarga, tapi buat saya perjalanan ke Goa Pindul dan Kali Oyo kemaren adalah GeoWisata. :). Lagi-lagi saya terkagum kagum dengan ciptaan Allah SWT di 2 lokasi tersebut. Sambil sesekali belajar mengenai Formasi Oyo dan Wonosari di lokasi tersebut. :)

Goa Pindul berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmaja, Kabupaten Gunung Kidul. Desa Beliharjo sendiri berjarak kurang lebih 7 km dari Wonosari dengan waktu tempuh sekitar 30 menit mengendarai kendaraan. Biasanya bus jurusan Wonosari - Jogja akan melewati perempatan Grogol (kalau tidak salah), bisa turun disini dan dilanjutkan dengan ojek sampai ke Goa Pindul.  Di Desa Beliharjo sendiri ada sekitar 3 sekre yang mengelola objek wisata di sana. Disana ada beberapa objek wisata seperti Caving  Pindul  dan Tube Rafting Oyo.
Sugeng Rawuh di Goa Pindul

Briefing dengan guide
Waktu saya berkesempatan mengunjungi Goa Pindul, suasana di sana lagi ramai-ramainya. Secara waktu itu lagi musim liburan dan H min sekian sebelum taun baruan. Saya masuk deretan waitinglist dan menunggu sekitar 45 menit-an untuk mencicipi Goa Pindul dan Kali Oyo.


Pengunjung yang memadati Lokasi
Goa Pindul 

Setelah memakai jaket pelampung dan sepatu serta membawa ban yang akan kita gunakan selama penjelajahan Goa Pindul + Kali Oyo, kami menyusuri jalanan setapak di seberang sekre menuju Goa Pindul. Bisa dilihat di sebelah kiri terdapat sebuah bangunan tinggi yang dibawahnya terdapat Goa Pindul. Nantinya kita bisa melihat atap bangunan tersebut dari dalam Goa Pindul. 
Pintu Masuk ke Goa Pindul

Salah satu stalaktit di dalam Goa
Setelah menelusuri Goa Pindul kami langsung diangkut mobil menuju Kali Oyo untuk melakukan penelusuran terakhir kami!


Melintasi area persawahan sebelum sampai di Kali Oyo
Kali Oyo
Di tengah-tengah perjalanan, kami rehat sejenak smabil melihat beberapa peserta lainnya melompat dari pinggir sungai langsung ke Kali Oyo. Semacam jembatan Cinta di Pulau Tidung.Udah jauh-jauh sampai sini, kalo gak nyoba pasti rugi gi gi gi gi!

Lokasi "lompat" dari samping air terjun mini


Formasi Oyo

2 jam lebih menelusuri Goa Pindul dan Kali Oyo, liburan dadakan kali ini terasa menyenangkan! Kami segera bergegas menuju sekre dan langsung kembali ke Jogja untuk melanjutkan perjalanan !! :')


Note:
1 Untuk mencapai Goa Pindul sangat disarankan menggunakan kendaraan pribadi mengingat tidak ada kendaraan umum yang sampai di desa Beliharjo. Penunjuk jalan menuju lokasi sangat jarang, baru ketika akan sampai di lokasi, banyak dijumpai plang-plang bertuliskan Goa Pindul. Pilihan lainnya menggunakan ojek dari Wonosari. 
2. Bawa plastik sampel sebagai tempat barang elektronik anda. Walaupun ada jasa fotografer pasti lebih puas kalo punya dokumentasi sendiri.
3. Pengelolaan objek wisata di sana dikelola oleh karang taruna setempat. Pelayanan sudah termasuk baik. Tapi ketika banyak pengunjung yang datang, mungkin diakrenakan kekurangan tenaga, pelayanan menjadi kurang maksimal. 

Biaya :
1. Bus Bandung - Wonosari : Rp 90.000,-
2. Ojek Wonosari - Goa Pindul : Rp 25.000,- (sekali jalan) --> di beberapa tempat mangkal ojek ada jasa antar Goa Pindul Gratis (saya masih belum tau apakah benar-benar gratis atau tidak, silahkan mencoba)
3. Caving Goa Pindul : Rp 30.000,-
4. Tube Rafting Kali Oyo : Rp 40.000,-
5. Penitipan barang : Rp 1.000,-/ item
6. Toilet (mandi) : Rp 2.000,-
(per Desember 2012)

Share:

1 komentar