Geowisata 2 : Scopriminera

Scopriminera!
Perjalanan hari terakhir dari rangkaian acara Intensive Course di Bard akan ditutup dengan fieldtrip ke Scopriminiera, sebuah tambang bawah tanah yang dulunya menambang talc dan sekarang di alih fungsikan sebagai sarana untuk mengenalkan geologi daerah setempat kepada masyarakat baik lokal maupun mancanegara. 

Kami bertolak menuju Prali dari Bard. Perjalanan menghabiskan waktu sekitar 2 jam. Diawal perjalanan sebelum memasuki tol kami membelah jalanan di Bard. Tepat setelah turun dari Forte di Bard, kita dapat melihat jalan yang dibuat oleh bangsa Roma. Jalan setapak yang membelah bukit. Jalanan tersebut luput dari banjir besar yang melanda Bard dan sekitarnya di tahun 2000-an. Takjub melihat jalanan peninggalan bangsa Roma, pandangan saya teralihkan dengan rumah-rumah minimalis berhalaman luas dengan aksen eropa. Satu kata. Cantik. Sementara di sisi lainnya mengalir sungai Dora Baltea dimana diatasnya tak jarang kita menemukan jembatan peninggalan bangsa Roma. Tak berapa lama di sebelah kanan saya sudah berdiri dengan kokoh sebuah bukit besar dengan boulder2 sisa rockfall beberapa tahun lalu. Tak jarang di beberapa sisi, sisa rockfall tersebut telah ditumbuhi pepohonan. Sementara rumah yang berada di area longsoran tersebut telah kosong ditinggalkan penghuninya. Lagi-lagi pemandangan seperti ini saja menjadi sangat wah dimata saya. Pemandangan ini menutup sesi jalanan Bard menuju Prali. Dan sekarang kita mulai memasuki tol.
View sepanjang perjalanan!
 Sepanjang tol ini saya hanya memandang keadaan di luar sana sambil mendengarkan penjelasan Marco mengenai kondisi Geologi daerah yang kami lewati. Sesekali saya memandang takjub ketika Marco menunjuk sesuatu. Hampir satu jam kami berada di jalan tol, bus pun mulai memasuki suatu daerah. Jalanan mulai menyempit dan berkelok-kelok. Di beberapa lokasi, kami melintasi sungai dengan air yang sangat sangat jernih. Saya berani bertaruh air sungai tersebut pasti sangat dingin. Bbbrrr. Kami juga menemukan tambang talk di pinggir jalan dan tak jauh dari situ petualangan kami memasuki underground panjang di mulai.
Welcome to Scopriminiera!

Bus berhenti di lokasi parkir. Satu persatu peserta mulai keluar bis merapatkan resleting jaket mereka. Memang tidak sedingin geowisata kami sebelumnya, tapi lumayanlah udara disini membuat pipi sedikit beku :D. Kami pun segera naik menuju kantor dari Scopriminera. Aaaa. Pinus. Sepanjang perjalanan menuju kantor sejauh mata memandang pohon pinus yang kami temukan. Udara benar-benar segar.
 
Setibanya di kantor, kami segera menuju ke sebuah ruangan untuk mendengarkan penjelasan mengenai Scopriminera. Setelah itu kami segera menuju ke underground. Kami berjalan melewati jalanan yang sama ketika kami naik ke kantor. Kali ini saya lebih bersemangat *turun* dibanding ketika *naik* ke atas. 

Lorong menuju kantor dan underground

Sebelum memasuki area underground terdapat beberapa poster yang menurut saya informatif yang menjelaskan batuan apa saja yang terdapat di sana, dll. Media yang sangat cocok untuk memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar. 

Pojokan poster ! :)
Sebelum memasuki underground, kami juga  diharuskan mengenakan helm dan ponco mengingat udara di dalam dingin dan di beberapa titik terdapat genangan dan tetesan air. Mulai deh saya beserta lainnya sedikit narsis. Hhee.
Pada narsis! :)
 Perjalanan pun dimulai. Taraaaa.

Kami akan memasuki underground dengan kereta. Sebelumnya kami berkumpul di suatu ruang melihat video. Lagi-lagi mengenai Geologi daerah tsb. Aaa. I do love Geology!  Setelah video selesai diputar kami mulai mengambil posisi masing-masing. Mengencangkan sabuk pengaman (fyi : jika terdapat satu saja sabuk pengaman peserta tidak terikat kencang, maka akan terdengar sirene dan kereta tidak akan berjalan.) Setelah semua peserta telah mengencangkan sabuk pengamannya, kereta pun mulai berjalan perlahan-lahan.
Stasiun Kereta

Di dalam sangat gelap gulita, terdapat beberapa penerangan di beberapa sisi. Udara pun sangat dingin. Hal ini dikarenakan terdapat sebuah blower besar untuk mengatur sirkulasi udara di dalam. Sambil kereta berjalan kita bisa mendengarkan suara berbahasa Itali yang saya juga gak tau arti pastinya apa. Dari beberapa orang, saya tau bahwa suara tersebut menjelaskan letak kita sedang berada di waktu geologi bagian apa beserta batunya. Bisa dibilang koleksi batu di underground ini sangat lengkap, mulai yang paling tua sampai kuarter. Mulai dari samudera sampai benua. Jadi kita seolah dibawa melewati lorong waktu.
Naik kereta api! Tut...tut...

Dari sisi Geoteknik nya kita bisa melihat beberapa spot yang disemen, di bolt, ataupun disangga dengan kayu/besi. Hal ini berguna untuk mencegah rockfall. Salut buat engineer disana!
Salah satu sisi underground yang diber penyangga
 Selama kurang lebih 30 menit perjalanan, kereta pun berhenti. Kami segera turun dan kali ini kami mulai berjalan sambil sesekali berhenti di beberapa titik mendengar penjelasan mengenai batuan di dalem underground tsb. Disana kita bisa menemukan batuan yang berasal dari kerak samudera dan benua berdampingan. Serta berjalan melewati fault / patahan yang mereka yakini masih aktif sampai sekarang. Di zona fault ini, jalan sedikit lebih becek dari yang lain, karena air menetes dari atas melalui fracture / rekahan yang ada. Tak berapa lama kami berjalan kami berada di ujung underground lainnya. Dan Subhanallah. View dari sana bener-bener cantik. Jejeran gunung menjadi plus dari view disana. Kita juga bisa belajar dari papan yang menjelaskan mengenai nama-nama gunung yang terdapat di depan kita.
Bola Dunia di dalam Underground!

View dari sisi lain dari underground!
Berhubung masih banyak yang harus dilakukan di *luar* sana kami kembali masuk ke dalam underground, berjalan sampai lokasi kereta kami berhenti, melanjutkan perjalanan keluar dengan kereta yang telah menanti kami. 

Perjalanan luar biasa menembus kerak samudera – benua, melewati skala waktu geologi dan berakhir di hijaunya pepohonan pinus. Geowisata 2 hari yang sangat menyenangkan! Sebenarnya sama saja dengan fieldtrip di Indonesia, tetapi karena lokasi nya belum pernah saya datangi jadi saya bener-bener excited sekali! 

Iseng moto di Scopriminiera :D
 

Share:

0 komentar