30 jam di Gili Trawangan

03.00 WITA kami  (saya, Bobi, Jessi, Ulik) sampai juga di Pemenang. 2 jam perjalanan yang melelahkan dari Senaru.  Suasana bener-bener sepi pi pi pi di perempatan Pemenang,secara masihdinihari gitu. Kami diturunin di perempatan Pemenang dan kami lupa nanya mesti ke jalan yang mana kalo mau ke pelabuhan Bangsal. Alhasil kami terlunta-lunta disana beberapa menit. Ada kali sekitar 30 menitan. Mana mata ngantuk belum sempet tidur nyenyak, carier berat , cocok banget! Belum lagi setelah baju saya yang sangat ga pas. Celana piyama gambar boneka warna pink + putih, kaos coklat lengen panjang, carier, sandal gunung. Kalo diliat orang-orang mungkin bakal pada mikir “ini orang dari mana sih? Dandanannya ga matching banget”.  Bodo amat deh pikiran orang-orang. Yang jelas saya udah capek. Pingin tidur.!!!

Lanjut ke Pemenang, saya-ulik-jessi duduk di depan ATM (bagian yang paling saya suka . DUDUK. Carier berat gara2 packing kilat). Dan  Bobi mondar-mandir nyari toilet (*dia ‘kebelet’ secara selama di Gunung Rinjani dia ga ba* .hhe). Gak berapa lama, ada orang naik motor. Dan langsung aja Bobi nanya arah kalo mau ke Bangsal harus ke mana. Diliat dari setelannya sih, bapak+ibu ini mau ke Masjid yang searah sama tujuan kami. Bobi langsung tancap duluan, sementara kami bertiga masih duduk di depan atm tadi. Aseli. Hoream pisan mau melangkahkan kaki. 5-10 menit abis Bobi jalan, akhirnya kami jalan. Awalnya kami bertiga jalan bareng. Tapi berhubung kaki saya udah males pisan buat jalan, akhirnya saya jadi yang paling belakang. Jarak saya – ulik_jessi udah jauh. Mungkin mereka udah sampe Bangsal.-___-" Oh God!Mana jalan gelep - sepi. Yang ada Cuma lolongan anjing aja. Ehhmm dan tentunya si empunya suara. Guess what?!! Ada anjing muncul dari belakang pohon gede. Bikin jantung deg2an aja anjingnya. Langsung aja saya keluarin headlamp saya dan saya arahin ke anjing-anjing tadi. Untungnya mereka jalan ke arah yang berlawanan sama saya. Fiuuhh.. Lega. Dalam pikiran saya tadi, kalo mereka nyerang saya, saya udah siap ngelemparin SEPATU GUNUNG yang saya tenteng ke mereka. Kalo ga berhasil juga saya lemparin deh CARIER saya ke anjing-anjing tadi. Kalo ga berhasil juga? LARI + TERIAK ! hhaaa . Ga berapa lama dari tempat munculnya para anjing tadi, saya ketemu Bobi. Oh men! Dia masih nyari toilet aja. Dan yang saya tau selanjutnya di Bangsal itu ga ada toilet umum, kalopun mau be*l disuru be*l di sungai (hhiii) and finally Bobi ‘nahan ‘ sampe Gili Trawangan.

Sampe di Bangsal sekitar pukul 04.00 WITA. Jessi-Ulik udah di posisi masing2. Jessi tiduran di kursi panjang, Ulik duduk di kursi jagain HP yang di charge, Bobi mesen makanan di warung yang masih buka (udah kebelet masih aja makan, ckck). Dan saya? Duduk di kursi kayu di bawah pohon sambil nikmatin view pantai dan beberapa pulau Gili di seberang sana. Nice view! Lampu, laut, pasir, dermaga, kapal, bulan purnama. Perpaduan yang pas banget!
setelan pakaian saya yang gak banget .  -___-"

Well.. Rencana awal, kami nunggu kapal yang mau ke Gili Trawangan sekitar jam 9 pagi. Tapi akhirnya kami nyarter kapal yang sebelumnya nganterin penumpang subuh-subuh ke Bangsal. Setelah nego, akhirnya kami nyarter kapal seharga 150ribu sampe Gili Trawangan. Gak tau deh kalo ukuran nyarter termasuk mahal apa murah. 150 ribu itu kami bagi 4 (sekitar 40 ribu-an).

Perjalanan sekitar 20-30 menitan. Untung aja arus lagi tenang. Jadi kami gak ada yang mabok.. Hhee.. Begitu sampai di Gili Trawangan, waktu udah nunjukin pukul 05.00-an WITA. Langsung naro carier di gazebo samping kantor polisi di Gili Trawangan (setiap tamu mesti lapor ke pos dulu dan bayar tiket seharga 1000 rupian). Duduk di pinggir pantai nungguin sunrise sambil nikmatin view Gunung Rinjani di kejauhan. Baru 2 hari yang lalu saya berada di titik tertinggi pulau Lombok dan sekarang saya ada di pantai. 2 titik yang ngejomplang banget. Dan semua itu kayak mimpi saya setaun lalu. Gunung Rinjani – Gili Trawangan. Thanks GOD!
gunung rinjani di kejauhan

Warna jingga udah muncul di kejauhan, perlahan matahari keluar dari peraduannya. Tapi mataharinya masih ketutupan sama Gunung Rinjani. Jadi saya Cuma bisa liat semburat-semburat sinar matahari aja dari sini. Berhubung matahari nya kelamaan keluar, saya – jessi mutusin buat pergi nyari penginapan, tentunya penginapan yang murah..hheee.. 30 menitan nyari dan kami gak dapet penginapan. Kalo gak penuh – ya harga nya yang kemahalan. ZZzzzzzz.. Akhirnya kami balik ke gazebo tadi. And you know what? Matahari udah muncul. Dan itu bagus banget. Langsung saya abadiin lewat camdig saya. Gantian Bobi yang nyari penginapan dan saya tidur sebentar di Gazebo, finally.

Sekitar pukul 09.00 WITA kami bareng-bareng nyari penginapan sambil bawa carier kami. Masih aja belum dapet penginapannya. Nanya sana – nanya sini, jalan terus ke bagian belakang pulau, akhirnya kami dapetin juga penginapannya. 200 ribu rupiah satu kamar buat ber-empat. Legaaaa. Langsung beres-beres dan saya jalan keluar penginapan nyari Laundry baju (cukup mahal laundry disini, awalnya Rp 25.000,- tapi saya tawar jadi Rp 15.000,- Biarin deh mahal juga, daripada saya mesti bawa baju kotor sampe Bandung ) + sarapan (buat sarapan saya beli Nasi Campur seharga Rp 10.000,- dan itu kenyang banget.Isinya nasi,tempe,ayam, ikan, sayur, telor) . Waktu saya balik ke penginapan, anak-anak udah pada mandi dan tentu sajaa menunggu kedatangan saya yang ngebawa sarapan buat mereka.. Abis sarapan, semua orang langsung tidur. Aseli. Badan capek banget rasanya. Akhirnya tidur sampe jam 12-an dan waktu saya bangun mata saya bengkak + pusing banget kepala rasanya. Kayaknya mata saya bengkak gara-gara saya kurang tidur, secara dari hari sabtu pagi sampe minggu pagi saya baru tidur sekitar 1.5 jam, belum lagi kondisi badan yang capek. Huufhhh..

Ternyata kiki, manda, ardhan, jajay, agil, (rombongan yang nyusul kami ke Lombok) udah sampai Gili Trawangan. Langsung deh mereka menuju ke penginapan. Istirahat sebentar kami langsung jalan-jalan sore. Kami jalan-jalan di pinggir pantai sambil nungguin sunset. Gak jarang kami juga ngelewatin café + resto di Gili Trawangan. Alamak. Makanannya melambai-lambai minta di makan. Segala jenis seafood ada. Tapi ngeliat harganya, dengan tegas kami tolak lambaiannya. Mahal.  Hikss.. Yang jelas, 90% pengunjung café nya itu wisatawan asing alias para bule. Aseli. Wisatawan local Cuma beberapa aja. Kami serasa jadi turis di negeri sendiri. Selama perjalanan juga kami nemuin beberapa tempat buat latihan diving, penginapan2 yang bagus, dan tempat dinner yang menurut saya itu so sweet banget. Aseli. Bikin mupeng banget itu. :’(

sunset
Well. Lepas dari itu semua, kami sampe juga di tempat yang kami anggep PAS buat menikmati sunset. Nd bener aja, sunset dari sini bagus gus gus gus. Sayangnya kami ga ngeliat matahari bullet yang tenggelam, tapi ada awan di depannya. Hmm.. Tapi gpp deh. Lumayan.

Matahari baru aja tenggelam, tpi para penikmat sunset selain kami udah langsung pergi dari tempat itu dan yang kami tahu belakangan ternyata tempat itu agak ‘mistis’. Pantesan aja pada ngacir semua orang-orang waktu udh gelep.. Ternyata ehh ternyata..  -_-‘
Kami langsung pindah haluan nyari tempat makan sambil ketemu sama Kak Siska. Dan kami semua ditraktir kak Siska. *sikasiikk.. Abis makan kami duduk-duduk di pinggir pantai. Ngobrol ngalor ngidul sambil nikmatin sang bulan + suara deburan ombak. Juaraaa pisan!!! Sayangnya saya + kiki Cuma tahan sampe jam 00.00 WITA. Kami berdua balik ke penginapan dan langsung tidur. Saatnya tidur di kasur empuk,setelah berhari-hari tidur beralaskan matras.. hhee

Besok paginya (18 Juli 2011), kami siap-siap buat check out. Sekitar jam 10.00 WITA kami pulang ke Bangsal. Dadaaaahhh Gili Trawangan, 30 jam yang menyenagkan di Gili Trawangan.
*fyi : di Gili Trawangan ini gak ada kendaraan bermotor. Adanya Cuma sepeda + delman (ehhmm.. Gak bisa disebut delman juga sih, yang jelas kendaraan bertenaga kuda, biasa digunain buat ngangkut barang2).

see you next time Gili !!!