Senaru, EDAAANNN ! (Rinjani part 5)

Pikiran saya di danau bakalan sedikit lebih hangat kalo dini hari ternyata salah.  Sama aja. Dingin.. Bbbbrrrrrr… Saya yang waktu itu bangun jam 06.00 WITA masih males banget keluar tenda karena cuaca nya yang dingin. Apalagi badan masih pingin banget tidur mengingat perjalanan kemaren ke puncak yang ‘lumayan’.

Akhirnya sekitar pukul 06.30 saya bangun juga, di luar udah lumayan terang. Sambil menikmati udara pagi danau yang segeeerrr saya mencari kenalan2 baru. Ada mbak indri (kalo ga salah nama) yang berasal dari Mataram, ada juga Pal, Dwi, Indah yang berasal dari Surabaya. Yaa..Lumayan nambah relasi baru. J Setelah ngobrol-ngobrol, saya segera kembali ke tenda, packing, dan masak buat sarapan.

Sekitar pukul 09.45 semua udah beres. Kami langsung berdoa dulu sebelum memulai perjalanan pulang via jalur Senaru. Waktu itu, tim kami (saya, Bobi, Jessie, Ulik) seperti biasa menjadi tim terakhir yang balik. Tim lainnya udah berangkat dari pukul 08.00 WITA tadi. Rasanya kaki males banget buat melangkah. Secara jalur Senaru ini terkenal keterjalannya, apalagi kalo dari danau mau ke Plawangan Senaru, jalurnya bener-bener astaghfirullah. Siap-siap mental aja ceritanya.

90 derajat kurang.
Awal perjalanan, kami masih harus memutari danau terlebih dahulu. Jalur Senaru berada di seberang sana (dari tempat kami ngecamp). Ini nih yang paling gak saya suka, batu di sepanjang jalan bener-bener licin, ditambah sepatu saya yang agak licin di batuan yang seperti itu. Yaudah aja saya jalan pelan-pelan.

Sehabis mengitari danau, track langsung menanjak ke puncak bukit dimana Plawangan Senaru berada. Keroco 1 , 2 , dan 3 berada di depan saya. Dan saya berada di barisan paling akhir. Bener-bener ampun tanjakan yang satu ini. Prinsip saya alon-alon asal kelakon. Hhii. Gak berapa lama kami nanjak, kami berhasil bertemu dengan tim yang udah berangkat terlebih dahulu, makin ke atas, pendaki makin ramai yang kami salip. Jadi kalo dipikir-pikir  ya lumayan cepet juga tim kami dalam berjalan. Lepas dari ketemu pendaki-pendaki lainnya, untuk jalur disini di beberapa titik, tanjakan nya nyaris 90 derajat. Bener-bener mantap banget! Tapi view dari sini gak kalah bagus dari Jalur Sembalun. Kita bisa menikmati view Danau Segara Anak dengan Gunung Baru Jari  di kejauhan. Bener-bener bagus banget pemandangan disini. J sayangnya batere kamera saya udah abis, jadinya saya gak bisa mengabadikan view yang disini.

istirahat sambil menikmati pemandangan danau

Sekitar pukul 12.30 WITA akhirnya saya sampai juga di Plawangan Senaru dengan ketinggian 2600-an mdpl (ketinggian Danau Segara Anak 2000-an mdpl).Waawww.. lumayan ..Kaki udah gak karuan rasanya. Gempor! Dari ketinggian 2600an mdpl kami mesti turun sampe di ketinggian 600an mdpl. Oh men! 2000 m! :( jadi apa ini kaki.. hikss..

Setelah puas beristirahat (sekitar 30 menit), kamipun melanjutkan perjalanan ke pos-pos selanjutnya. Jadi, kalo via jalur Sembalun, ada 3 pos inti dan ada beberapa pos bayangan dan jalur ini yang mendominasi adalah hutan2.

Begitu turun dari Plawangan Senaru, kami langsung menuruni bukit-bukit dengan medan yang berpasir. Berhubung waktu itu udah siang hari, cuaca bener-bener panas ditambah dengan debu yang terbang dengan indahnya membelai wajah kami. Aarrhh.. Bener-bener kombinasi yang bagus!

danau segara anak dari Jalur Senaru

di Plawangan Senaru

Seperti biasa, saya berada di urutan paling belakang. Waktu itu jarak saya dengan mereka gak seberapa jauh. Mereka berlari menuruni bukit, saya masih bisa ikutan lari. Bahkan kalo mereka beratraksi waktu ngerempun saya masih bisa beratraksi juga (sedikit). Tapi, begitu memasuki area hutan, saya udah kehilangan jejak mereka. Langkah mereka besar-besar. Dan saya lumayan ketinggalan. Apalagi kaki saya udah sulit diajak kompromi. Mungkin akibat tanjakan setelah danau ditambah turunan di bukit yang saya bawa lari mengakibatkan kaki saya sedikit seok. Akhirnya saya memilih jalan cepet ditambah sedikit lari-lari kecil dan taraaaaaa, akhirnya saya sampai juga di POS 3. Anak-anak pun udah nyampe disana. Waktu itu disana udah ada beberapa bule + tim JP yang sedang istirahat. Lagi lagi karena saya sadar diri stamina udah mulai seok saya pamit berangkat duluan ke POS 2.  Waktu itu, lintasan udah menurun terus menerus. Lutut udah bener-bener sulit diajak kompromi. Bisa dibilang saya asal jalan aja waktu itu, yang penting melangkah melangkah dan melangkah. 1-2 kali saya pun terjatuh akibat tanah yang licin. Setengah jam saya berjalan, Bobi menyusul saya. Dan saya persilahkan dia duluan, lanjut Jessie + Ulik nyusul saya lagi. Aselinya, mereka masih sanggup aja lari. Saya? Jalan aja udah susah. Alhasil jarak saya dengan mereka jadi semakin jauh. Secara mereka lari sedangkan saya Cuma jalan. Hhuu..

Itu hutan nya bener-bener sepi pi pi pi. Vegetasi lumayan banyak, bagi orang biologi mungkin jadi area yang pas buat belajar soalnya di beberapa pohon ditulis nama latin dari pohon tersebut. Saya Cuma baca beberapa aja dan pastinya sekarang udah lupa. Hhhee..

Selama perjalanan, saya disalip beberapa porter dan lumayan sering bersisipan dengan para pendaki yang baru mulai mendaki via jalur Senaru. Tak ayal kami sering say hello dan saling menyemangati satu sama lain.  Hhee . Perjalanan menuju pos 2 ini bener-bener memakan waktu yang lumayan lama. Ditambah waktu itu stok minum udah abis, klenger pisan dh! Dan akhirnya dikejauhan saya liat atap saung peristirahatan, akhirnya.. J  SAMPAI JUGA!

Langsung saya turunin carier dari badan dan merebahkan badan sebentar. Anak-anak udah lumayan lama nungguin saya di pos 2 ini. ada mungkin 20 menitan mereka nungguin saya . Lega pisan rasanya. J  Tapi gak seberapa lama saya nyampe, keroco 1-3 langsung melanjutkan perjalanan, mereka ngebekalin saya air minum 1 veldples + biscuit (Waaahh..baiknya kalian ini J ). Lumayan buat bekel dijalan. Setelah 10-15 menit mereka berangkat, saya pun melanjutkan perjalanan. Akhirnya saya mutusin buat jalan nyantai aja, Cuma di beberapa titik aja sedikit lari-lari. Batas waktu nya jam 5 sore saya HARUS udah ketemu sama anak-anak lagi mengingat jalur Senaru sedikit terkenal akan hal mistisnya. Percaya gak percaya sih.  Ya selain itu, kalo udah lebih jam 5 sore pastinya bakal gelep banget, belum lagi kalo masih di area hutan. Alamaaaakkkk… Gak kebayang deh!

Waktu ketemu saung di tengah-tengah perjalanan, saya berenti sebentar. Disana udah ada 2 pendaki yang sedang istirahat. Ngobrol-ngobrol sebentar ternyata salah satu dari mereka ada yang kesleo kakinya. Jadinya mereka memilih istirahat di pos bayangan itu lebih lama. Berhubung waktu udah lumayan sore, saya mutusin melanjutkan perjalanan. Kali ini saya gabung sama pendaki lainnya. Ada Anggun – Galang dari Mataram, Mas Dimas – Mas Hero dari Jakarta dan Mbak Putri yang jadi presenter JP. Selama perjalanan turun, kami cerita ngalor ngidul, ketawa-ketawa, dan gak kerasa udah sampe aja di Pintu Masuk ke TNGR. Waktu itu udah nunjukin pukul 05.00 WITA. Bobi dkk udah nyampe dari jam 4-an tadi. Hhii. Cepet amat ya mereka jalannya (eh, lari ding!). Saya langsung makan mie rebus + minum the manis hangat. Alamak. Nikmat benerrrr. Secara terakhir kali makan jam 9 pagi , belum lagi track di Senaru yang bener-bener astajim! >.<

Perjalanan udah selesai? Eittss..Kata siapa udah selesai. Kami masih harus jalan sekitar 30 menitan untuk mencapai pos pendaftaran. Kali ini lebih ke jalan  di desa-desa dan kami jalan bareng-bareng (mereka ngalah gak lari, hhe).  Gak jarang, kami ketemu sama rumah penduduk. Setelah setengah jam berjalan akhirnya sampai juga kami di pos pendaftaran. Huuuaaaahh. Alhamdulillah J . Masalah muncul lagi, kami belum ada transport buat turun ke Bangsal. Kendaraan – kendaraan pendaki lain udah full ! Mau gak mau kami mesti bermalam di pos ini dulu. Tapi, sekitar pukul 21.00 WITA berita baik muncul . ada tumpangan dari anak Jakarta dan sekitar pukul 01.00 WITA  kendaraan baru datang. OK! Masih ada waktu buat tidur!

Pendakian Gunung Rinjani selesai sudah! Alhamdulillah buat semuanya! Thanks GOD, thanks all.

Senaru bener-bener EDAAAANNN!!!

Thanks Bobi Nofrizal , Jessie Jean, M.Aulia Alwan, Kak Siska
Ayo kita serbu lagi gunung-gunung lainnya.
Next year Tambora + Semeru yaaa.. :)