Menggapai Puncak Rinjani (Rinjani Part 4)

Hari ke 5, 15 Juli 2011
Kali ini bangun dini hari harus mesti terlaksana. Rencana kami bakal summit attack bareng pendaki-pendaki lainnya pukul 02.00 WITA. Sayapun pasang alarm pukul 01.00 WITA.  Begitu alarm bunyi, saya langsung bangun. Suasana di luar masih sepi. Yang kedengeran Cuma suara angin di kejauhan. Itu suara anginnya bener-bener gede. “Wuuussswuuuzzzzwuuuuzzzzz” cukup ngeri juga ngedengernya. Gimana kalo pas di puncak nanti anginnya segede itu. Whii. Gak kebayang. Tapi Alhamdulillah, selama perjalanan nanti angin gak sebegitu gede. Sambil ngebangunin kak Siska, saya beres-beres perlengkapan pribadi yang mau dibawa, seperti headlamp,masker,sarung tangan, kamera, baterai cadangan, makanan ringan, syal, dll. Setelah itu saya keluar tenda dimana udara bener-bener dingin. Langsung saya bangunin anak-anak cowok. Untungnya kali ini mereka langsung bangun. Hhee.. Setelah semua siap, kamipun langsung gabung sama pendaki lainnya (bareng tim yang ketemu di pos 2 ) yang udah kumpul buat doa bersama sebelum menuju puncak. (tim kami paling terakhir ngumpul, hhiii).

Tepat pukul 02.00 WITA kami memulai perjalanan ini. Untuk sampai ke puncak dibutuhin sekitar 4 jam-an. Itu udah porsi nyantainya. Well. Awal-awal, semua pendaki membentuk 1 banjar. Lama-lama berbanjar-banjar juga jadinya. Hhaa.. Jadi gini, pertama nya kita 1 banjar panjang ngetrack motong kontur dengan tracknya berliku-liku. Waktu itu berhubung kita pada pake headlamp ataupun senter jadi cahaya dari senternya itu keliatan bagus banget ngeliuk-liuk di track tadi. Sayangnya karena keterbatasan kamera, saya gak bisa ngeabadiin moment itu.

Seperti biasa, posisi anak-anak waktu  itu saya, Bobi, Kak Siska, Jessi, Ulik. Berhubung barisan macet di beberapa titik, akhirnya saya duluan bareng Bobi.. Track bener-bener nanjak, debu, pasirnya bikin kaki kita kejeblos terus. Medan berpasir bener-bener bikin kaki kerasa berat waktu itu.  Alhamdulillah setelah 30 menitan akhinrya sampai juga di puncak punggungan. Disini kita istirahat sebentar sambil nunggu Jessi. Ulik waktu itu udah ngelanjutin perjalanan. Posisi puncak punggungan ini berada di pinggir kawah. Dari titik ini sampe ke puncak lebar jalan bervariasi, mulai dari yang 1meter-an sampe 5 meter-an. Berhubung saya sadar diri saya agak lambat kalo di medan beginian, saya pamit jalan duluan lagi. Hhee..

Jarak tiap pendaki udah jarang-jarang. Ada yang udah mendekati puncak, di pertengahan jalan, sepertiga jalan, dll. Yang jelas waktu itu saya Cuma bisa ngeliat kelap-kelip lampu (kalo yang jauh) dan sedikit ngeliat punggung beberapa pendaki yang jaraknya masih deket sama saya. Puncak Rinjani udah keliatan dari sini, keliatan nya sih deket, tapi aselinya masih ngelewatin beberapa puncak-an lagi. Puncak Rinjani yang udah melambai-lambai bikin saya tambah semangat buat ngelanjutin perjalanan. Sambil menikmati panorama Danau Segara Anak dengan Gunung Baru Jari di sisi kanan saya dan padang savanna di sisi kiri saya, perjalanan bener-bener mengesankan. Belum lagi  full moon alias bulan purnama. Gak usah nyalain headlamp jalan didepan juga udah keliatan.

Lagi-lagi Bobi nyalip saya sampe akhirnya ketemu Ulik yang lagi istirahat. Sambil nungguin Jessi kami akhirnya barengan ngelanjutin perjalanan. Track waktu itu bener-bener deh. Bikin ngelus dada berkali-kali. Super duper nanjak, medan yang berpasir, kaki tambah berat, debu. Arrghh. Bener-bener deh! Saya pun nerapin jalan 50 langkah, istirahat 10-15 detik. Lumayan sedikit bekerja. Seenggaknya langkah kaki  jadi konstan. Tapi mendekati puncak alias tanjakan terakhir, langkah saya jadi sekitar 20-30 langkah langsung istirahat 10-15 detik. Gak Cuma istirahat sebentar, kadang-kadang saya sampe duduk buat istirahat sebentar. Lintasan disini yang paling parah dibanding yang lain. Pasir semua sampe puncak. Belum lagi jarak nya yang luamayan jauh. Rasanya gak abis-abis itu jalan. Hoosshhoooshhh…Kerasa lamaaaa banget perjalanan di lintasan ini. Jarak tiap pendaki makin jauh. Saya paling depan lanjut Bobi-Jessi-Ulik dibelakang saya. Kalo dirasa jarak tambah jauh sama Bobi dkk, saya nunggu sebentar sambil istirahat dan manggil Bobi. Udah keliatan bayangan orang (waktu itu kami gak nyalain headlamp, cukup bersinarkan cahaya bulan aja #halah) saya ngelanjutin perjalanan. Sempet beberapa pendaki bule nyalip saya. Saya jadi ngikutin langkah-langkah orang bule tadi. Langkah mereka besar-besar (pantesan mereka bisa nyalip, secara mereka berangkat dari camp mungkin sekitar jam 3). Seenggaknya jejak mereka sedikit ngebuat pasir jadi padet yang meminimalisir kejeblosan kaki di pasir tadi. Hhe.. Aselinya. Paling bête kalo kaki kejeblos lumayan dalem di pasir. Ngangkat kaki nya itu boooiii! Males pisan! Berat!!!  >.<. Waktu itu, daripada saya bête sama tracknya terkadang saya duduk sebentar sambil ngeliatin kelap-kelip lampu dari headlamp/senter pendaki lain. Ada yang putih-merah. Bagus deh waktu itu. Dari puncak punggungan sampe dibelakang saya yang ada Cuma kelapkelip lampu. Lumayan ngelegain view dari atas sini. Kelap-kelip lampu, bulan, danau, pokoknya ciaaamiiikk banget deh! J

Udah sedikit ilang rasa capek lanjut lagi jalan. Bobi udah gak keliatan. Di belakang saya adanya pendaki lain. Gak jarang ditawarin makanan ringan + minum sama mereka (carier isi makanan+minuman dibawa Bobi, jadinya saya gak bawa stok makanan+minuman), lumayan ngisi tenaga lagi. J

Sekitar 3 jam-an jalan akhirnya track berpasir ini berakhir juga. Penderitaan berakhir juga!! Asiikk…!!!!!!!!!! Puncak udah  keliatan. 20 meter lagi lah kalo jalan. Langsung tambah speed jalan, dan Finally!! Tepat pukul 04.38 WIB atau 05.38 WITA saya berhasil sampai di titik tertinggi di Pulau Lombok / Titik tertinggi Kedua Gunung Berapi di Indonesia dan sekaligus jadi puncak ke-6 saya setelah Manglayang, Geulis, Lawu, Merbabu, Ciremai! Rasanya?! Puas banget! Rasa capek, bête, buat sampe ke titik ini udah kebayar lunas.!! Seneng campur haru!! Bener-bener gak nyangka bisa sampe sini juga. Rinjani masih jadi mimpi saya taun lalu dan sekarang saya lagi berdiri di puncak Gunung Rinjani. Alhamdulillah banget rasanya. Semoga masih banyak puncak lainnya yang bisa saya capai. Amin. Langsung saya sujud syukur disitu juga. Setelah sujud syukur, sayapun duduk di salah satu bagian paling atas Gunung itu, menikmati detik-detik sunrise.

Waktu itu yang udah sampe baru beberapa pendaki. Paling banyak pendaki bule. Sambil nunggu anak-anak saya jeprat jepret alias poto2 view dari atas sini. Gak berapa lama, banyak pendaki yang sampe juga di puncak Rinjani. Bobi-Jessi-Ulik pun akhirnya sampe juga. Waktu itu Bobi udah kedinginan  gemetaran sampe mesti dipeluk Jessi. Sambil menikmati sunrise kami pun mengisi perut kami dengan sarapan. Menu roti + susu coklat jadi pilihan kami waktu itu, rasanya nikmat bener.!!! Yuummmyy.. J

matahari sedikit memancarkan sinarnya

detik-detik sunrise

full team, w/ Kak Siska

Tim Keroco :)

Gak lupa kami di puncak ini poto-poto. Sunrise nya bener-bener amboiii!!!! Bener-bener berada di atas awan juga waktu itu. Ambooiii nian rasanya! J
Di atas awan
Danau Segara Anak
Sekitar pukul 07.30-an kami pun turun. Pendaki lainnya udah pada turun dari tadi, Cuma sisa kami dan beberapa pendaki dari Surabaya yang belum turun. Track yang nanjaknya setengah mati waktu naik, jadi arena prosotan yang pas waktu turun. Mantap! Sepanjang perjalanan saya lari-lari kecil. Kaki ini rasanya udah pingin lari terus waktu perjalanan turun. 3.5 jam perjalanan naik mungkin Cuma perlu 45 menitan buat turun. Jomplangg banget ya rasanya! Hhiii..

Lintasan yang harus dilalui

turunan asoyy!!!

Waktu sampe tenda, langsung pada masuk tenda masing-masing. Ada yang tidur, baca novel, dan saya memilih nulis jurnal perjalanan ke puncak tadi. Dari dalam tenda, saya bisa ngeliat Gunung Agung di kejauhan. Cantik!

view dari plawangan sembalun
*fyi : Di Plawangan Sembalun, banyak monyet-monyet yang ngincar makanan kita. Terbukti roti tawar kami berhasil direbut mereka. L

Makin siang, tenda makin sedikit. Hanya tinggal kami yang masih ada di Plawangan Sembalun. Pendaki yang lain udah tancap ke Danau Segara Anak. Akhirnya kami menyusul mereka ke danau sekitar pukul 13.30 WITA. Waktu itu, di persimpangan danau dan sembalun kami berpisah dengan Kak Siska. Kak Siska gak ngelanjutin perjalanan ke danau melainkan langsung turun ke desa Sembalun mengingat otot perut Kak Siska cidera.

Dan kami, tim keroco, tepat pukul 14.00 melanjutkan perjalanan ke Danau Segara Anak. Dari pertama, lintasan udah langsung turunan, berbatu, dan tentunya curam. Belum lagi kami sedikit berlari, bener-bener menguji lutut! Lutut saya sampe gemeteran dan sempet beberapa kali istirahat. Itu track 1 jam pertama, 1 jam setelahnya kami harus ngiterin punggungan lagi. Oh men! Orientasi kaki saya udah turunan, jadi kalo ketemu tanjakan, saya bener-bener kewalahan.  Haashhh.. Di perjalanan, sempet ketemu lagi sama beberapa pendaki yang udah berangkat duluan. Dan setelah total 2 jam perjalanan, akhirnya kami sampai juga di danau. Ih waaww.. 2 jam perjalanan dari Plawangan Sembalun – Danau Segara Anak. Waktu itu di Danau Segara Anak lagi ada tim jejak Petualang yang sedang memperingati Jambore 4 JP. Presenter JP lengkap lah disitu kecuali Mbak Riani D.

Sampe di camp ground kami pun ngebangun tenda. Setelah itu para lelaki langsung tancap ke pemandian air panas. Saya bertugas nungguin tenda. Sambil ngobrol dengan penghuni tenda sebelah yang berasal dari Surabaya, akhirnya saya nyusul para lelaki ke pemandian buat mandi juga. Lokasi pemandian air panas ini tepat berada di air terjun. Waktu itu di sana udah rame dengan penduduk local yang memang sengaja datang ke sana untuk mandi di air panas itu. Saya pun memilih tempat pemandian yang para wanitanya lumayan banyak. Begitu masuk ke pemandian, rasanya enak banget! Seger! Sambil ngobrol dengan ibu-ibu yang sedang mandi disana, saya menikmati suasana sore itu. Ambooii nian rasanya! Sekitar 1 jam-an berendam, sayapun kembali ke tenda. Disana, para lelaki sedang memasak. Hhii. Begitu sampe tenda, saya langsung dihidangkan kopi hangat, astagaa.. nikmat nian rasanya! Abis makan malam, kami segera masuk ke sleeping bag masing-masing. Bobi-Jessie-Ulik dalam 1 tenda sementara saya sendirian menjadi penghuni tenda lainnya. Di luar sana, terlihat kembang api yang dinyalakan tim JP. Cantik sekali kalo diliat dari tenda. J Perjalanan hari itu selesai! Bener-bener luar biasa! Thanks all! J