Heading to Mt.Rinjani (Rinjani part 1)

Finally. Liburan yang sebenernya dimulai juga. Setelah sibuk belajar UAS, capek ngerjain tugas pra-uas yang numpuk ditambah lagi ada kulap-kulap yang cukup melelahkan hati-pikiran-fisik dan ditutup dengan semaar 4 . Semester 4 ini bener-bener berakhir!! And now, welcome my holiday. J

Berawal dari obrolan di bulan februari tentang liputan JP di Danau Segara Anak yang saya tonton sehari sebelumnya antara saya, bobi, derry dan gian. Saya yang emang kepingin banget ke Gunung Rinjani gak sengaja ngobrol-in liputan JP tersebut dengan mereka. Dengan pd-nya saya ngajak mereka ke Lombok “Pingin banget aku ke sana. Ke sana yok liburan nanti” dan tak disangka-sangka ucapan saya itu ditanggepin serius sama anak-anak. Dari situlah saya nabung sampai bulan Juni kemaren demi bisa ke Gunung RInjani.
Awal mulanya, ada beberapa anak yang tertarik buat ikut. Sayangnya di hari-hari menjelang keberangkatan hanya saya, bobi, jessi dan ulik yang bertahan.  Langsung kumpul – ngomongin kapan berangkatnya, berapa hari disana, mau kemana aja selain ke Gunung Rinjani, logistik, akomodasi sampe budget nya berapa.  Setelah dirundingin bareng-bareng, akhirnya didapat hari Senin, 11 Juli 2011 hari dimana kami bakal memulai petualangan kami ini. J Waktu itu yang ditugasin beli tiket kereta adalah Bobi dan Jessie mengingat saya dan ulik bakal pergi ke hutan 8 hari lamanya.

Malem sebelum keberangkatan, kami kecuali ulik kumpul di kontrakan Bobi buat ngecek logistik dan tenda. Setelah dirasa cukup saya langsung balik ke kosan. Tadinya pingin packing malem itu juga. Dan akhirnya 1 carier ukuran 65-75 L  udah penuh sama  barang-barang. Ohh men!! Serasa mau diksar lagi. *tapi kali ini lebih ringan daripada waktu diksar. Hhe..

******

Hari ke 1, 11 Juli 2011
Kami berangkat dari stasiun Kiara Condong dengan kereta Mutiara Selatan dengan pemberhentian terakhir Stasiun Gubeng, Surabaya.  Kami sampai 30 menit lebih awal dari jadwal keberangkatan.  Langsung masuk menuju jalur 2 dimana kereta Mutiara Selatan bakal lewat. Begitu kereta datang, kami langsung masuk ke kereta buru-buru mengingat kereta Cuma berhenti 5 menit di stasiun Kircon. Langsung mencari tempat duduk kami dan menyusun carier carier kami. Aaahhh.. Lega banget punggung ini rasanya. Hhe
2 jam pertama kami masih ngobrol ngalor ngidul . Lewat 2 jam selanjutnya, kami udah mulai bosan. Masing-masing sibuk sama diri masing-masing. Ada yang maen HP, dengerin lagu dan tidur. Mata saya hanya bertahan sampe jam 21.00 WIB aja. Lewat dari jam 9 malem, mata saya udah berat dan saya pun tertidur. Sempet bangun beberapa kali sebelum akhirnya bangun jam 6 pagi.

Hari ke 2, 12 Juli 2011
 Kamipun sampe pukul 07.10 WIB di Stasiun Gubeng. Langsung beli tiket kereta Mutiara Timur dengan tujuan Banyuwangi. Berhubung masih ada sisa waktu 2 jam-an, kami segera mencari tempat makan untuk sarapan. Dan tepat pukul 09.00 WIB kereta segera meluncur ke Banyuwangi. J
sarapan dulu di Stasiun Gubeng
masih jauh boii!!!

Udara di kereta gerah segerahnya. Gini nih risiko berangkat di pagi hari. Pasti pas siang-nya bakal gerah banget udaranya. Badan peliket ga karuan. Alamak. Daripada saya ngerasain ‘gerah’ terus mendingan saya tidur aja. Yaa.. Setidaknya ngerasain ‘gerah’ waktu pas ngelilir bangun aja. Heheee.. Alhasil sepanjang perjalanan saya cuma tidur aja. J

Pukul 16.15 WIB, kereta pun sampe di pemberhentian paling akhir yaitu stasiun Banyuwangi Baru. Ohiya, di kereta ini kami dapet temen baru, Ricky dan Rifky. Asal mereka dari Jakarta dan tujuan mereka sama dengan kami yaitu pulau Lombok. Lumayan, dapet temen baru. Sedikit lebih rame dibanding Cuma berempat aja. Hhe.

di Pelabuhan Ketapang
Kapal Ferry menuju Gilimanuk
Setibanya di Ketapang, kami gak langsung menuju Pelabuhan. Tapi mampir dulu di rumah sepupu saya di Ketapang juga. Istirahat sebentar sambil mandi nd solat. Kami disana sampe Maghrib dan langsung tancap ke Pelabuhan menuju Gilimanuk. Tadinya kami disuru untuk menginap dulu mengingat di Gilimanuk kalo udah lewat dari jam 5 sore kendaraan umum yang bakal mengangkut kami ke Denpasar susah ditemuin alias minim. Tapi kami tetep kekeuh buat berangkat malem itu juga. Dan taraaaaaaa… Bener aja. Begitu kami sampe Gilimanuk, bus yang ada Cuma 1 aja. Aaaaaahh..Terlunta-lunta di terminal sambil nunggu bus yang mau berangkat. L

Sebenernya bus itu mau ngangkut kami ke ubung sebelum dioper ke mobil lain yang akan berangkat menuju Padang Bai. Tapi mengingat harga yang ditawarin gak sesuai, kami akhirnya lebih memilih nunggu bus selanjutnya jam 2 dini hari. Di menit-menit terakhir, setelah Rifky + Bobi nego didapat harga deal 50 ribu rupiah sampe Padangbai.  Dan kamipun berangkat sekitar pukul 22.30 WITA.  (untung gak harus nunggu sampe jam  2 dini hari).

Gilimanuk

Hari 3, 13 Juli 2011
Selama perjalanan menuju Terminal Ubung lagi-lagi kerjaan saya Cuma tidur aja. Secara gak ada yang bisa diliat di luar selain gelap gelap dan gelap. Mendingan tidur deh. J Setelah 3 jam-an di dalem bus, sampe juga di Ubung. Berhubung perut kami belum diisi dari sore hari kamipun  makan malam di terminal Ubung sambil nunggu penumpang lainnya. Sekitar pukul 02.30 WITA kami pun berangkat menuju Pelabuhan Padangbai.

Waktu sampe di Padangbai, kami langsung membeli tiket kapal. Dan kami harus nunggu sampe jam 5 pagi. Sambil nungguin kapal, kamipun ketiduran. Baru sebentar tidur, kapal yang mau kami tumpangin dateng juga. Langsung deh capcuss ke kapal buat nyari tempat PW (mengingat perjalanan kali ini sekitar 4 jam, jadi kami perlu tempat PW buat isitraha).

Saya excited banget soalnya dipikiran saya, saya bisa liat sunrise di perjalanan menuju Pelabuhan Lembar. Tapi apa mau dikata, gerimis pun datang. Alhasil matahari gak keliatan. L  daripada bête mendingan saya tidur deh. Aseli! Perjalanan waktu itu kerasa lamaaaaaa banget. Boseen sebosen-bosennya.
di Selat Lombok

Sekitar pukul 08.00 WITA AKHIRNYA kami sampe juga di pelabuhan Lembar. For the first time, saya menginjakkan kaki saya juga di Lombok. Kesan pertama yang saya dapet waktu itu LOMBOK = HOT! Panasnya udah nyamai-nyamain Semarang aja, ckckckckkkk..

Begitu sampe Lembar, kami langsung nyarter mobil sampe Mataram. Berpisah sama Ricky dan Rifky yang langsung menuju Gili Trawangan sementara kami menuju Sembalun.