Sembalun, Pintu Masuk Gunung Rinjani (Rinjani part2)

(masih) hari ke 3, 13 Juli 2011
di atas pickup sayur-an menuju Sembalun
Awalnya kami naik mobil carry dari  Lembar sampe Mataram sebelum kami dioper naik pick-up (kalo pagi nganterin sayuran ke Mataram dari Sembalun) ke Sembalun. Waktu udah nunjukin pukul 12.00 WITA. Pas banget matahari di atas kepala kami dan pick-up nya itu bak terbuka. Oh GOD! Nice! Mataharinya imut banget! -___-" Waktu itu gak cuma kami aja yang jadi penumpang pick-up nya. Ada beberapa barang + beberapa orang yang numpang pickup tadi. Lumayan buat dijadiin temen ngobrol. Dan orang disana ramah-ramah banget. :)

Lepas dari perjalanan yang cukup panjang + lama, kami disuguhkan pemandangan yang luarrrr biasa waktu mau masuk ke desa Sembalun. Awalnya kami memasuki daerah hutan dan makin lama makin nanjak jalannya. Sampai di suatu tanjakan terakhir, si bapak yang ngobrol sama kami memberitau kalo desa Sembalun ada di balik bukit itu (sambil nunjukin bukit). Dan begitu kami ngelewatin bukit itu, kami semua tercngang ngeliat view di balik bukit itu. Bener-bener bodoh kami dibuatnya. Semacam desa tersembunyi yang dikelilingi bukit-bukit indah nan menawan. Aseli..!!!!  Lembahnya - punggungannya - hijaunya-dinginnya-triangular facetnya- SUBHANALLAH banget! Gak nyesel jauh - jauh saya dari Nangor ke sana. Baru di kaki gunung nya aja view-nya udah kayak gini. Gimana diatas nanti? Bener-bener masih asri-hijau-sejuk dimata.
triangular facet nya bener2 masih perawan

ambooii

di depan kantor Camat Sembalun

mau dong KKN disini. Betah betah deh!!! :)

Tiba-tiba semangat kami langsung nambah berkali-kali lipat abis ngeliat view di desa Sembalun.Rasa capek  di perjalanan bener-bener kebayar sama view disini. Kami yang berencana mulai mendaki keesokan harinya langsung ngubah rencana buat mendaki sore itu juga. Begitu sampe basecamp  saya langsung mandi dan anak-anak nyari makan siang + malam kami. Sebelumnya kami ketemu sama Kak Siska, asal dari Batam yang berencana ke Rinjani juga. Berhubung Kak Siska ini sendirian akhirnya gabung sama kami. Jadi total personil kami 5 orang. :)
Di depan basecamp Sembalun
Sekitar pukul 17.10 WITA kami pasukan power ranger memulai pendakian ini. Bismillah. Awalnya kami masih ngikutin jalan desa. Rumah, kebun masih jadi pemandangan di kanan-kiri kami. Sampe akhirnya kami mulai masuk ke daerah savana. Aseli. Waktu itu kami lagi lagi takjub dibuatnya. Kanan - kiri cuma ada padang savana aja. Belum lagi Puncak Gunung Rinjani selalu jadi background perjalanan kami. Bener-bener indah boi!! Ini baru pemandangan di malem hari, gimana waktu siang hari? can`t imagine it! Jadi kalo via jalur Sembalun ini, padang savana bakal kita temuin sampe pos 3. Seperti biasa, awal-awal saya masih "belum panas". Perjalanan yang harusnya di tempuh 2 jam-an kami tempuh 3 jam-an. Sekitar pukul 20.00 WITA kami baru sampe pos 1 dan kami putuskan buat ngecamp di pos 1.
di aliran lahar w/ Kak Siska

Udah Malem Pong!!

Selepas ngebangun tenda kami langsung masuk tenda masing-masing. Saya bareng Kak Siska di tenda yang Kak Siska bawa, sementara para lelaki di tenda yang kami bawa. Gak lupa kami nyeduh teh dulu sebelum tidur. Nikmat pisan.. :)

Ya Allah.. Terimakasih atas nikmat yang Engkau berikan kepada kami. Dan Kesempatan melihat karya MU yang sungguh indah. Semoga pendakian esok hari berjalan dengan lancar