Long Journey (Rinjani part3)

Gunung Rinjani dari pos 1
Hari ke 4, 14 Juli 2011
Krriiingggg…” bunyi alarm hape terdengar nyaring ditelinga. Hoooaahhhmmm…. Males banget buat bangun pagi, secara masih jam 2 dini hari. Di luar pasti masih dingin banget. BBbbbrrrr… Akhirnya dengan terpaksa, saya ngebangunin anak-anak di tenda sebelah. Tapi yak kok susah yaa ngebangunin mereka. Yaudah aja saya ikutan tidur lagi. Mana udara di luar masih dingin banget. Paling PW buat tidur. hhe kenapa saya bangun pagi2? Soalnya kami berencana ngelanjutin perjalanan sepagi-paginya. Tapi apa mau dikata, kami masih PW di sleeping bag masing2. Okelah! Jam 5an saya berencana bangun lagi. Lumayan bisa tidur 3 jam-an lagi.

sunrise dari pos 1
Sekitar jam 5an saya bangun lagi. Kali ini saya mesti keluar tenda soalnya saya kebelet buang air kecil. Hhee.. Sekalian ngeliat cuaca di luar. Ternyata masih aja gelep. Yang ada malah bulan. Udara masih dingin aja, ngebangunin anak-anak juga susah. Terpaksa saya masuk tenda lagi, sambil ngebangunin anak-anak dari dalam tenda. Sejam-an di tenda, saya keluar tenda lagi. Kali ini udah gak gelep lagi. Matahari udah muncul! Langsung tancap ke atas bukit kecil di belakang tenda terus nikmatin sunrise dari pos 1. Gak kalah bagus! Keren sunrise-nya.

Power Rangers! Biippbiippp
Anak-anak juga udah pada bangun. Seger banget udara pagi itu. Belum  lagi padang savanna yang bener-bener luas di depan mata. Sejauh mata memandang Cuma ada savanna savanna dan savanna. Lumayan menghijaukan mata. Hhe..

Abis itu kami langsung packing. Pagi itu kami Cuma sarapan biscuit aja mengingat persediaan air kami yang terbatas kalo keseringan masak air. Sayang air ceritanya.  Rencananya kami bakal masak di pos 3. Huuhhaaahh!! Semangat! Semoga kuat!!

Pos 1 – Pos 2
Pukul 07.30 WITA tet kami berangkat melanjutkan perjalanan. Seperti biasa, padang savanna jadi view yang sering kami liat. Sepanjang jalan Cuma ada savanna savanna dan savanna lagi. Tapi sayang di beberapa titik ada yang udah kebakar, mungkin akibat lahar dingin yang dulu pernah lewat. Soalnya kami nemuin titik2 yang kebakar itu disekitar aliran lahar. Sayang banget.

ambil air dulu!
Perjalanan sekitar 30 menit dan akhirnya kami sampe juga di pos 2 pukul 08.00 WITA. Disini kami ketemu sama temen-temen dari Mataram, Surabaya, Palembang, Malang, dll. Rame lah di pos ini.  Di pos ini juga bakal ditemuin mata air terakhir sampai bakal ditemuin lagi di Plawangan Sembalun. Tapi sayang, air disini sedikit butek. Ya ada beberapa spot yang airnya masih layak buat diminum (tentunya kalo udah dimasak). Kami pun mengisi botol + veldpless buat bekal selama perjalanan kami nanti. Istirahat sebentar sebelum akhirnya ngelanjutin perjalanan ke pos 3. Di pos 1 dan pos 2 kita bisa ngebangun tenda bagi yang ingin ngecamp dulu (disarankan ngecamp di pos 2 mengingat ada sumber air disini). Sekitar pukul 08.30 kami tancap ke pos selanjutnya.

di pos 2

Pos 2 - Pos 3
Awalnya tracknya masih berupa padang savanna. Tapi kali ini padangnya bener-bener hijau. BAGUS. Bagi yang hobi main sepak bola, bisa deh main sepak bola sepuasnya. Luaaaaaassss banget! Atau enggak, bagi yang hobi nonton teletubbies, disini bener-bener taman teletubbies banget. Bener-bener terealisasikan itu taman yang di film. Hhii.. Pokoknya kanan-kiri padang savanna. Belum lagi puncak RInjani lagi-lagi setia nemenin perjalanan kita. J Sampe akhirnya kita bakal masuk ke daerah perbukitan dan track sedikit mulai nanjak. Sempet ngelewatin beberapa aliran lahar lagi. Antara pos 2 dan pos 3 ini ada pos bayangan. Jarak antara pos bayangan ke pos 3 gak seberapa jauh. Sekitar 15 menitan. Jadi lebih baik bablas-in aja deh kalo mau istirahat di pos 3. J

nice view!
taman teletubbies :)

bareng mas abi dari Unram
istirahat dlu
10.20 WITA kami sampai juga di pos 3. Disini kami masak buat makan siang kami. Udah laper pong! J Menu nasi goreng jadi pilihan kami waktu itu.  Selama kami istirahat ada beberapa pendaki baik pendaki local maupun pendaki bule. Rata-rata pendaki bule ditemani guide dan beberapa porter. Beda dengan pendaki local yang lebih memilih mendaki sendiri. Selain itu kami juga bertemu dengan beberapa warga local yang baru turun dari Segara anak untuk memancing ataupun yang akan naik ke Segara Anak. Ada juga beberapa porter yang sedang istirahat di pos 3 ini. Dari obrolan dengan para porter, dari pos 3 ini ke Plawangan Sembalun, mereka bisa berjalan sampe ke atas hanya dalam waktu 1.5 jam. Saya Cuma berdecak kagum. Secara mereka naik dengan barang yang lumayan berat menurut saya dan perlengkapan mendaki seadanya tapi waktu yang dibutuhkan mereka sangat lebih cepat dibanding kami. Top dh buat para porter! J

Kembali ke topik, kami isitirahat di pos 3 sampe pukul 12.00 WITA. SLOW pong kalo kata anak-anak. Hhe. Ya lumayan lah buat isi tenaga lagi.
Pos 3 – Plawangan Sembalun
Track antara pos 3 sampe Plawangan Sembalun udah bener-bener NANJAK terus! BONUS sepanjang perjalanan. Kalo kata orang-orang mah ada 7 bukit penyesalan. Jadi bener-bener bikin kita nyesel. Mau balik ke bawah jauh lanjut ke atas pun masih jauh. Kalo diliat-liat tracknya serupa tapi tak sama dengan tracknya Merbabu via thekelan deh. Naiiiikkk terus sampe puncak. Tapi bener-bener deh. Ngos-ngosan banget waktu itu. Udah lewat 1 bukit masih ada bukit-bukit lainnya di depan sana.

Di tengah-tengah perjalanan, ada pos bayangan lagi. Waktu itu sih masih belum jadi pos nya. Tapi disitu udah ditaro bahan-bahan untuk buat pos nya. Istirahat sebentar sambil nunggu anak-anak di belakang. Jadi urutannya itu Bobi paling depan, saya urutan ke dua, Jessi, Ulik, dan Kak Siska di belakang saya. Berhubung saya sadar diri dengan kecepatan saya dalam hal tanjakan, saya pamit buat berangkat duluan. Ya setidaknya kalo ketinggalan diakhir, gak bakal jauh-jauh amat. Hhe

nanjak terus!

Dari pos bayangan ini masih ada sekitar 2 – 3 bukit lagi. Dan tanjakannya itu bener-bener. Astagfirullah. 20-30 langkah istirahat 10 detik sebelum lanjut jalan lagi. Bener-bener deh waktu itu.  Enaknya cuaca disini udah mulai dingin dan sempet kena hujan local. Sesuai dugaan, baru sekitar 15 menit – 20 menit jalan, saya udah disusul Bobi aja. Ampun deh tuh anak! Makan apaan yak?! Cepet bener jalannya. Ckckckckk.. Udah kayak robot aja. Dan dengan sukarela saya mempersilahkan dia buat jalan di depan saya. *waktu itu udah di tengah2 bukit dan jarak antar pendaki udah lumayan jauh2. Lanjut jalan, bukitnya gak abis-abis. Bobi udah jauh di depan sementara Jessi di bawah gak keliatan juga. Terpaksa jalan sendirian deh. Sempet juga ketemu pendaki sebelumnya yang lagi istirahat, ya. Gak sepi-sepi amat lah. Malah ngobrol sama seorang guide yang bikini saya mupeng buat ke Gunung Tambora. (next year, Insya Allah J ).
Gak terasa sekitar 3.5 jam jalan akhirnya bukit2 penyesalan abis juga. Diatas sana udah datar. Yeeeyyy..!!!! Saya percepat langkah saya. Dan taraaaaaaa…..
Akhirnya sedikit lagi sampe di Plawangan Sembalun. Waktu itu yang udah nyampe baru saya + Bobi aja. Ditambah beberapa pendaki bule + warlok. Tadinya yang keliatan Cuma kabut aja tapi waktu kabutnya pergi Subhanallah. Tampak Danau Segara Anak di bawah sana dan Puncak Rinjani di sisi lainnya. Keren pisan pong! Poto-poto duluuu deh. Hhee..

Sedikit lagi sebelum Plawangan Sembalun

Segara Anak di belakang sana

Begitu personil lengkap, kami lanjut lagi ke Plawangan Sembalun. Dari sini udah keliatan tenda-tenda para pendaki lainnya di kejauhan. Hoosshh.. Masih lumayan, beberapa bukit lagi mesti dilewatin, tapi kali ini bukitnya gak seberapa terjal. Cuma muterin punggungan aja. J

Sekitar pukul 04.20 WITA sampe juga kami di Plawangan sembalun. Langsung cari tempat buat bangun tenda. Begitu tenda jadi, masukin barang-barang ke tenda terus nyari air di Lembahan. Airnya segeeeerr banget! Aseli, ini air terseger yang pernah saya minum! Bener-bener fresh dari mata airnya. *Jarak mata air ini lumayan, kita mesti turun dulu ke lembahan buat dapetin air ini.

Begitu kami balik ke tenda, Subhanallah, BULANnya bagus banget! Dan Subhanallah lagi, sunset nya juga bagusss. Walopun kami Cuma liat semburat2 sinar mataharinya aja. Tapi bener-bener bagus banget! Belum lagi awannya. Serasa di atas awan banget kitanya.! Bener-bener Subhanallah banget view waktu itu. J . Tapi dinginnya juga Subhanallah. Dingin banget!
sunset dari plawangan sembalun

Abis nikmatin sunset, kamipun masak buat makan malem sebelum akhirnya bener-bener tidur buat isi tenaga summit attack besok.